HUBUNGAN ANTARA INTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

Maharani, Savira (2022) HUBUNGAN ANTARA INTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_SAVIRA MAHARANI_17101157510170_ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI_SAVIRA MAHARANI_17101157510170_BAB 1.pdf

Download (424kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_SAVIRA MAHARANI_17101157510170_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_SAVIRA MAHARANI_17101157510170_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitiannya bertujuan untuk mengetahui hubungan antara internal locus of control dengan school well-being pada siswa di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah internal locus of control dan variabel terikatnya adalah school well-being. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala internal locus of control dan skala school well-being. menggunakan metode yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael adalah cara untuk menentukan jumlah sampel yang memenuhi syarat berikut: diketahui jumlah populasinya; pada taraf kesalahan (significance level) 1%, 5% dan 10%; dan cara ini khusus digunakan untuk sampel yang berdistribusi normal (Sugiyono, 2011). oleh karena itu siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah 235 orang siswa dengan taraf signifikan 10% di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan teknik Cronbach Alpha. Hasil koefisien validitas pada skala internal locus of control dengan nilai corrected item-total correlation berkisar antara 0,359 sampai dengan 0,745 sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,898. Pada skala school well-being didapati nilai corrected item-total correlation berkisar antara 0,416 sampai dengan 0,416 sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,924. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai korelasi 0,797 dengan tingkat signifikansi 0,000, yang berarti hipotesis diterima, ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara internal locus of control dengan school well-being pada siswa SMK Negeri 1 Bukittinggi. Kontribusi efektif dari variabel internal locus of control pada variabel school well-being adalah sebesar 63%. Kata kunci: internal locus of control, school well-being, siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Psikologi > Psikologi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:07
Last Modified: 16 Oct 2023 03:07
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/7753

Actions (login required)

View Item View Item