PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2023

Ramadhani, Defi Salsabila (2025) PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2023. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img]
Preview
Text
Skripsi_21101155310502_Defi Salsabila Ramadhani_Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_21101155310502_Defi Salsabila Ramadhani_BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_21101155310502_Defi Salsabila Ramadhani_Daftar Pustaka.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
Skripsi_21101155310502_Defi Salsabila Ramadhani_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2019-2023. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 28 perusahaan selama 5 tahun (2019- 2023). Teknik analisis data menggunakan software SSPS 26 dan alat analisis data yang digunakan adalaah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai sebesar 0,666 > 0,05. (2) Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai 0,000 > 0,05. (3) pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai 0,752 > 0,05. (4) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai 0,108 > 0,05. (5) Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai 0,000 < 0,05. (6) pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas dengan nilai 0.023 > 0,017. (7) Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas dengan nilai 0,125 < 0.165 Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 19 Dec 2025 03:25
Last Modified: 19 Dec 2025 03:25
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/14389

Actions (login required)

View Item View Item