Mustofa, Khairul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X PERHOTELAN SMK NEGERI 9 PADANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.
![]() |
Text
SKRIPSI_ KHAIRUL MUSTOFA_20101156110009_ABSTRAK.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ KHAIRUL MUSTOFA_20101156110009_BAB I.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ KHAIRUL MUSTOFA_20101156110009_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ KHAIRUL MUSTOFA_20101156110009_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X Perhotelan SMK Negeri 9 Padang. Model Project Based Learning (PjBL) adalah sebuah model atau pendekatan pembelajaran yang inovatif yang menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jumlah populasi 230 Sampel yang dipilih dengan teknik Random Sumpling. Siswa dengan kelas X Perhotelan 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang dan kelas X Perhotelan 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,09 sedangkan kelas kontrol rata-ratanya adalah 56,62. Dan pengujian normalitas kelas eksperimen 0,1566 dan kelas kontrol 0,0895< 0,0829 < 0,1566 untuk α = 0,5, maka data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdestirbusi normal. Selanjutnya, pada pengujian homogenitas data dari kedua kelompok diperoleh F_hitung < F_tabel yaitu 1,79 < 1,82 maka kedua kelompok memiliki varians yang homogen untuk α = 0,5. Sedangkan pada pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test diperoleh hasil untuk > 6,892 > Maka dapat disimpulkan untuk α = 0,5 yaitu diterima dan ditolak. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa tedapat pengaruh model pembelajaran Project Based Leaming (PjBL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Informatika yan g signifikan pada siswa kelas X Perhotelan SMK Negeri 9 Padang. Kata kunci : Hasil Belajar, Project Based Learning, Informatika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Anggi Anggi A.Md |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 04:05 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 04:05 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |