HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA (FORMASI &KIP-K) DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR

Hafiz, Mhd Doifullah (2024) HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA (FORMASI &KIP-K) DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_MHD DOIFULLAH HAFIZ_20101157510234_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
SKRIPSI_MHD DOIFULLAH HAFIZ_20101157510234_BAB 1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
SKRIPSI_MHD DOIFULLAH HAFIZ_20101157510234_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
SKRIPSI_MHD DOIFULLAH HAFIZ_20101157510234_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitiannya bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa KIP-K di Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Self-Regulated Learning dan variabel terikatnya adalah prokrastinasi akademik alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Self Regulated Learning dan skala prokrastinasi akademik menggunakan metode yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael adalah cara untuk menentukan jumlah sampel yang memenuhi syarat berikut: diketahui jumlah populasinya; pada taraf kesalahan (significance level) 1%, 5% dan 10%; dan cara ini khusus digunakan untuk sampel yang berdistribusi normal. Oleh karena itu KIP-K di Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah 202 orang dengan taraf signifikan 10%. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan teknik Cronbach Alpha. Hasil koefisien validitas pada skala Self-Regulated Learning dengan nilai corrected item-total correlation berkisar antara 0,319 sampai dengan 0,768 sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,921. Hasil koefisien validitas pada skala prokrastinasi akademik dengan nilai corrected item-total correlation berkisar antara 0,337 sampai dengan 0,784 sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,939. Berdasarkan analisis data nilai korelasi -0, 471 dengan tingkat signifikansi 0,000 diperoleh, yang berarti hipotesis diterima. Hal Ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa KIP-K di Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Kontribusi efektif dari variabel Self Regulated Learning pada variabel prokrastinasi akademik adalah sebasar 22%. Kata Kunci : self-regulated learning, prokrastinasi akademik, mahasiswa, universitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Psikologi > Psikologi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 14 Apr 2025 02:49
Last Modified: 14 Apr 2025 02:49
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13370

Actions (login required)

View Item View Item