Hanum R, Hannyfa Sri (2023) HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN FLOW AKADEMIK SISWA KELAS XII SMA N 1 KUBUNG SOLOK. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
Text
SKRIPSI_HANNYFA SRI HANUM R_18101157510158_ABSTRAJ.pdf Download (173kB) |
|
Text
SKRIPSI_HANNYFA SRI HANUM R_18101157510158_BAB I.pdf Download (428kB) |
|
Text
SKRIPSI_HANNYFA SRI HANUM R_18101157510158_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text
SKRIPSI_HANNYFA SRI HANUM R_18101157510158_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self�regulated learning dengan flow akademik siswa kelas XII SMA N 1 Kubung Solok. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah flow akademik dan Variabel independen dalam penelitian ini adalah self-regulated learning. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala flow akademik dan skala self�regulated learning. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling yaitu, teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik probability sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Alasan peneliti mengambil random sampling karena peneliti tidak menetapkan kriteria untuk dijadikan sampel dalam penelitian. Setiap siswa-siswi kelas XII berhak menjadi sampel dalam penelitian. Dikatakan simple (sederhana) karena pengambilan anggota sample dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Jumlah populasi kelas XII 284 orang dengan jumlah kekeliruan 10% berdasarkan tabel Isac dan Michael maka jumlah dalam sampel penelitian adalah sebanyak 138 orang. Flow akademik berkisar antara 0,352 sampai dengan 0,827, sedangkan koefisien reabilitasnya sebesar 0,941. Koefisien validitas pada hubungan self-regulated learning bergerak dari 0,306 sampai dengan 0,628 sedangkan koefisien reabilitasnya sebesar 0,895. Bedasarkan analisis data, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,376 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01) yang berati hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara self-regulated learning dengan flow akademik siswa kelas XII SMA N 1 Kubung Solok. Hal ini berati hipotesis diterima, sumbangan efektif self-regulated learning terhadap flow akademik siswa kelas XII SMA N 1 Kubung Solok sebesar 14,1%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Psikologi 0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Psikologi > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 09:11 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:20 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10424 |
Actions (login required)
View Item |