Putri, Annisa Kurnia (2023) HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN STRESS AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
Text
SKRIPSI_Annisa Kurnia Putri 19101157510128_ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
|
Text
SKRIPSI_Annisa Kurnia Putri 19101157510128_BAB I.pdf Download (177kB) |
|
Text
SKRIPSI_Annisa Kurnia Putri 19101157510128_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text
SKRIPSI_Annisa Kurnia Putri 19101157510128_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dengan stress akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Variabel bebas adalah hardiness dan variabel terikat stress akademik. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala hardiness dan skala stress akademik. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 153 siswa yang berada di SMA Negeri 4 Padang. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas isi dan konstrak. Hasil koefisien validitas pada skala hardiness berpindah dari rxy = 0,352 ke rxy= 0,830 dengan koefisien reliabilitas α = 0,917, sedangkan koefisien validitas skala stress akademik berpindah dari rxy = 0,348 ke rxy = 0,822 dengan koefisien reliabilitas α = 0,941. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai korelasi r = -0,535 dengan tingkat signifikansi p = 0,000, artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara hardiness dengan stress akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang dengan arah hubungan negatif. Kontribusi efektif dari hardiness terhadap stress akademik sebesar 29%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Psikologi 0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Psikologi > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:44 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 05:26 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10407 |
Actions (login required)
View Item |