PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X PERHOTELAN SMK NEGERI 9 PADANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Mustofa, Khairul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X PERHOTELAN SMK NEGERI 9 PADANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_ KHAIRUL MUSTOFA_20101156110009_ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
SKRIPSI_ KHAIRUL MUSTOFA_20101156110009_BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
SKRIPSI_ KHAIRUL MUSTOFA_20101156110009_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
SKRIPSI_ KHAIRUL MUSTOFA_20101156110009_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X Perhotelan SMK Negeri 9 Padang. Model Project Based Learning (PjBL) adalah sebuah model atau pendekatan pembelajaran yang inovatif yang menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jumlah populasi 230 Sampel yang dipilih dengan teknik Random Sumpling. Siswa dengan kelas X Perhotelan 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang dan kelas X Perhotelan 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,09 sedangkan kelas kontrol rata-ratanya adalah 56,62. Dan pengujian normalitas kelas eksperimen 0,1566 dan kelas kontrol 0,0895< 0,0829 < 0,1566 untuk α = 0,5, maka data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdestirbusi normal. Selanjutnya, pada pengujian homogenitas data dari kedua kelompok diperoleh F_hitung < F_tabel yaitu 1,79 < 1,82 maka kedua kelompok memiliki varians yang homogen untuk α = 0,5. Sedangkan pada pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test diperoleh hasil untuk > 6,892 > Maka dapat disimpulkan untuk α = 0,5 yaitu diterima dan ditolak. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa tedapat pengaruh model pembelajaran Project Based Leaming (PjBL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Informatika yan g signifikan pada siswa kelas X Perhotelan SMK Negeri 9 Padang. Kata kunci : Hasil Belajar, Project Based Learning, Informatika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 28 Apr 2025 04:05
Last Modified: 28 Apr 2025 04:05
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13479

Actions (login required)

View Item View Item