Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Tahu Alami

Zalianti, Maya Putri and Yohani, Elsida and Putri, Widyanti and Putra, Ramdani Bayu (2023) Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Tahu Alami. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ceria (JPKMC), 1 (1). pp. 20-25. ISSN 3020-8470

[img] Text
D13. Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Tahu Alami, TA.pdf

Download (128kB)

Abstract

Pemasaran merupakan bagian penting dari bisnis. Pabrik Tahu Alami adalah salah satu unit bisnis pengolahan makanan di kota Padang. Salah satu masalah Pabrik Tahu Alami adalah pemasaran belum optimal, sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang tepat berdasarkan faktor internal dan eksternal bisnis. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFE dan matriks EFE. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan berdasarkan analisis faktor internal dan eksternal meliputi (1) menjaga kualitas produk dengan citarasa alami tanpa bahan pengawet yang memiliki nilai gizi tinggi untuk kesehatan; (2) menjaga kerja sama yang baik dengan produsen kedelai sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan produksi pabrik; (3) meningkatkan kegiatan promosi produk dengan memposting di media sosial; (4)memberi kepercayaan kepada orang lain untuk mengelola bisnis sehingga mereka dapat membuka cabang bisnis di tempat lain; (5) memperbaharui mesin produksi sehingga produksi menjadi lebih efektif. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa Pabrik Tahu Alami memiliki peluang bagus untuk mengembangkan bisnis, mampu bersaing dan mengatasi ancaman bisnis tetapi perlu ditingkatkan untuk strategi pemasaran.

Item Type: Article
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Kewirausahaan dan Pemasaran
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:19
Last Modified: 17 Nov 2023 03:19
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/8098

Actions (login required)

View Item View Item