PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6 PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI SMKN 9 PADANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Santoso, Agus Budi (2019) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6 PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI SMKN 9 PADANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_Agus Budi Santoso_16101156110001_ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI_Agus Budi Santoso_16101156110001_BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_Agus Budi Santoso_16101156110001_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_Agus Budi Santoso_16101156110001_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas perancangan dan pembuatan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital kelas X SMK Negeri 9 Padang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development). Subjek penelitian berjumlah 34 orang. Metode penelitian ini menggunakan model (ADDIE), dengan desain dan langkah�langkah pengembangannya adalah sebagai berikut.(1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementatio, dan (5) Evaluation. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital kelas X SMK Negeri 9 Padang sebesar 93,93%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital kelas X SMK Negeri 9 Padang sebesar 89,42%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji soal test efektifitas secara keseluruhan penilaian efektifitas terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android pada mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital kelas X SMK Negeri 9 Padang sebesar 85,98% sehingga tingkat efektifitasnya dapat di interprestasikan efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapanganmedia pembelajaran berbasis android sebagai media pembelajaran sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital kelas X SMK Negeri 9 Padang. Kata kunci : Android , Media Pembelajaran, Simulasi Komunikasi Digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:26
Last Modified: 12 Apr 2023 02:26
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4899

Actions (login required)

View Item View Item