PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ SMK NEGERI 5 PADANG

Siska, Fera (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ SMK NEGERI 5 PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_FERA SISKA_16101156110004_ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI_FERA SISKA_16101156110004_BAB 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_FERA SISKA_16101156110004_DAFTAR TEXT.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_FERA SISKA_16101156110004_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, sekolah yang diobservasi telah memiliki fasilitas internet dan SDM yang memadai untuk dikembangkannya blended learning. Selain itu, arus globalisasi yang mengisyaratkan pembelajaran berbasis IT dan beragamnya karakteristik siswa juga mendukung disusunnya sebuah Blended Learning yang dapat mengatasi keterbatasan face to facelearning pada materi Jaringan Dasar. Penelitian ini bertujuan menunjukkan desain produk blended learning berbasis moodle yang sesuai dan layak dikembangkan untuk materi Jaringan Dasar. Alhabahba (2012) juga mengemukakan salah satu bentuk paradigma baru sistem pendidikan adalah e-learning. PP No 17 pasal 48 dan pasal 59 juga menyatakan pengelolaan dan penyelenggaraan sistem pendidikan memanfaatkan teknologi dan informasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono (2010). Subyek penelitian yaitu siswa kelas X SMK Negeri 5 Padang dari segi materi dan media melalui angket, tangggapan siswa dan guru melalui angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah menghasilkan media yang menarik dan membantu siswa dalam belajar dengan memanfaatkan media blended learning berbasis moodle . Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi sebesar 84,49%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan valid digunakan, hasil praktikalitas sebesar 87,30%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis, hasil efektivitas sebesar 86,23%, sehingga tingkat efektivitasasnya dapat di interprestasikan sangat efektif. Produk blended learning terbaru mengenai materi beserta informasi pendidikan. Berbagai konten dan fasilitas yang dimiliki e-learning yang dikembangkan membuat pembelajaran Jaringan Dasar menjadi lebih menarik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa blended learning berbasis moodle valid, praktis dan efektif diterapkan pada mata pelajaran Jaringan Dasar. Kata kunci: Blended learning berbasis moodle, media pembelajaran, Jaringan Dasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:27
Last Modified: 11 Apr 2023 04:27
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4869

Actions (login required)

View Item View Item