Putri, Pinci Yanisa (2019) PENILAIAN KINERJA PUSKESMAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD ( Studi Kasus Pada Puskesmas Tiumang Kabupaten Dharmasraya). Masters thesis, Univesitas Putra Indonesia YPTK.
|
Text (Abstrak)
Thesis_2017422042_Pinci Yanisa Putri_Abstrak.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Thesis_2017422042_Pinci Yanisa Putri_BAB I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Thesis_2017422042_Pinci Yanisa Putri_Daftar Pustaka.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text (Full Text)
Thesis_2017422042_Pinci Yanisa Putri_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only until 2019. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penilaian Kinerja Puskesmas Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Puskesmas Tiumang Kabupaten Dharmasraya). Pinci Yanisa Putri 2017422042 Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia. Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja Pengukuran kinerja merupakan suatu proses penilaian kemajuan pekerjaan terhadap pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditentukan, termasuk informasi atas efisiensi penggunaan sumberdaya dalam menghasilkan barang dan jasa, kualitas barang dan jasa, perbandingan hasil kegiatan dengan target, dan efektivitas tindakan dalam mencapai tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja puskesmas tiumang dengan menggunakan metode balanced scorecard. Penelitian ini merupakan penelitian desk riptif dengan pendekatan kualitatif. Variabel yang digunakan adalah perspektif-perspektif yang ada di dalam metode Balanced Scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dari perspektif keuangan sudah menunjukkan kinerja yang sudah baik, perspektif pelanggan kinerjanya sudah baik , perspek tif proses bisnis internal kinerjanya diketahui sangat baik, serta perspek tif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kinerja yang tidak baik. Namun, secara keseluruhan dari hasil empat perspektif yang dianalisis menunjukkan hasil bahwa kinerja Puskesmas Tiumang termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci : Penilaian Kinerja, Puskesmas Tiumang, Balanced Scorecard
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Teknologi |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S2) |
Depositing User: | Ryan Ariadi A.Md |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 01:55 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 01:55 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4578 |
Actions (login required)
View Item |