Hidayat, Taufik (2022) Klasterisasi data jamaah umroh menggunakan metode K-Means Clustering (Studi Kasus di AET Travel Indonesia). Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
|
Text
TESIS_TAUFIK HIDAYAT_20321033_ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
TESIS_TAUFIK HIDAYAT_20321033_BAB1.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
TESIS_TAUFIK HIDAYAT_20321033_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
TESIS_TAUFIK HIDAYAT_20321033_FULLEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Melaksanakan Ibadah haji bagi yang mampu merupakan rukun Islam yang kelima bagi umat Islam, melaksanakan Perjalanan wisata religi khususnya untuk ibadah umroh semakin diminati masyarakat, AET Travel Indonesia Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Penjualan tiket pesawat, tour domestic maupun internasional dan terus berkembang hingga travel haji dan umroh, pada AET Travel Indonesia tentunya memiliki data yang bervariasi. Pengelompokan data jamaah umroh ini merupakan salah satu teknik Data Mining yang bertujuan untuk mengelompokkan data ke dalam subset data, sehingga dapat terbentuk tiga cluster, yaitu Kurang disukai, disukai dan Sangat disukai berdasarkan variabel yang telah ditetapkan. dan dengan pengelompokan ini didapatkan pengetahuan baru sebagai strategi pemasaran dengan menggunakan Data Mining. Dalam pengelompokan data jemaah umroh menggunakan metode K-Mean Clustering, akan dikelompokkan berdasarkan usia. Atribut yang digunakan dalam pengolahan data meliputi nama, jenis kelamin, usia, dan daerah asal. Sebelum proses perhitungan data dilakukan terlebih dahulu dilakukan proses seleki dan transformasi data. Setelah itu dilakukan perhitungan data secara manual dan melalui software RapidMiner hingga diperoleh anggota kelompok sangat disukai dari rentang usia mulai 51 sampai 70 tahun, kelompok disukai dengan rentang usia mulai 41 sampai 50 tahun dan kelompok kurang disukai mulai usia 1 sampai 40 tahun. Dengan didapatkan hasil pengelompokan ini maka didapatkan pengetahuan baru yang dapat memudahkan maneger dalam strategi pemasaran pada AET Travel Indonesia. Kata Kunci : Umroh, K-Means, Clustering, Data Mining, AET Travel Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Teknologi Komputer |
Depositing User: | Tri Wahyuni Oktanita A.Md |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 01:46 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 01:46 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4385 |
Actions (login required)
View Item |