Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Structured Dyacid Methods (SDM) terhadap Hasil Belajar Elektronika Komputer Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Komputer (PTIK) UPI "YPTK" Padang

Sefriani, Rini (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Structured Dyacid Methods (SDM) terhadap Hasil Belajar Elektronika Komputer Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Komputer (PTIK) UPI "YPTK" Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1. Ringkasan-tesis-Rini Sefriani.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar elektronika komputer yang diperoleh mahasiswa jurusan PTIK FKIP UPI "YPTK" Padang masih rendah. hal ini terjadi karena proses pembelajaran masih terpusat pad dosen. salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SDM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengunkapkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SDM dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar mahasiswa. jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain by block 2x2. penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Bp 2012 PTIK FKIP UPI "YPTK" Padang tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan secara random yaitu, kelas TIK 5 BP 2012 dengan diberi perlakuan metode pembelajaran kooperatif SDM dan TIK 4 BP 2012 menggunkan metode pembelajaran konvensional. Anaisis dilakukan dengan menggunakan anava. hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) hasil belajar elektronika komputer kelompok mahasiswa yang belajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe SDM lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. (2) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran kooperatif dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar mata kuliah elektronika komputer. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe SDM berkontribusi terhadap hasil belajar sementara pengetahuan awal mahasiswa tidak berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah elektronika komputer mahasiswa PTIK FKIP UPI "YPTK" Padang. Disarankan kepad dosen untuk meguasai metode pembelajaran kooperatif SDM sehingga penerapannya dapat berjalan optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer
0 Research > Ilmu Komputer > Teknologi Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:10
Last Modified: 23 Feb 2023 02:10
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/3993

Actions (login required)

View Item View Item