Mirsal, Mirsal and Oskar, Dimas Perdana and Anggawira, Andhika (2023) Meningkatkan Kreativitas Siswa Guna Meningkatkan Daya Saing Dalam Pembelajaran Abad 21. -. (Unpublished)
|
Text (Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat)
LAPORAN PKM 20231.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kecenderungan manusia umumnya adalah ingin memperoleh sesuatu dengan cara yang mudah dan gampang dengan hasil yang besar dan fantastis dimana impian manusia yang ingin sekali tidur enak di rumah akan tetapi rezki datang sendiri. Faktor utama yang menyebabkan kehidupan hari ini jauh dari kemajuan dari hasil pengamatan lapangan dari penulis adalah akibat dari ketiadaan kreativitas, kerja keras untuk maju dan berkembang. Pada prinsipnya, pembelajaran abad 21 tidak hanya fokus pada peningkatan kemampuan pengetahuan/kognitif, sikap/afektif, dan psikomotorik/keterampilan melainkan telah berkembang dan fokus pada kerangka pembelajaran yang meliputi Life and Career Skills, Learning and Innovation Skills and Information, Media and Technology Skills (disadur dari publikasi informasi Kemendikbud pada tahun 2020 mengenai Partnership for 21st Century Learning dalam Modul 05 tentang Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar Pusat Data dan Teknologi Informasi). Sementara dalam pembelajaran dan inovasi, siswa diharapkan mampu kreatif dan inovasi, berfikir kritis menyelesaikan masalah, serta memiliki kemampuan komunikasi dan kolaborasi. Hal tersebut merupakan faktor pembentuk daya saing yang kuat. Hal ini menjadi latar belakang yang kuat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dimana pada kegiatan pengabdian ini yang menjadi peserta adalah 12 orang yang terdiri dari pengurus dan binaan panti asuhan dimana mayoritas merupakan siswa sekolah kejuruan yang berada di Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz “Al Fath Tauhid” Jl. Seberang Padang Utara I No. 34, Kec. Padang Selatan, Kota Padang Sumatera Barat. Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 17 sampai dengan tanggal 18 Desember 2022 melalui pemberian materi gambaran kondisi persaingan saat ini, materi peningkatan kreativitas, dan materi mengenai daya saing. Metode yang digunakan yakni pemaparan teori dan praktek. Dalam evaluasi pasca pelatihan yang diberikan, para peserta pelatihan paham dan mampu serta termotivasi untuk meningkatkan kreativitas demi daya saing yang kuat. Fenomena lanjutan yang bisa ditelaah di masa depan dari kegiatan ini adalah bagaimana para peserta pelatihan mampu bersaing setelah mereka selesai pendidikan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya Saing, Kreatifitas, Motivasi |
Subjects: | 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1) |
Depositing User: | Dimas Perdana Oskar, SE. MBA |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 06:01 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:01 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/3830 |
Actions (login required)
View Item |