PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORAPADA MATA PELAJARAN PEMOGRAMAN DASAR KELAS X REKAYASA PERANGAKAT LUNAK DI SMK N 2 PADANG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

ANDRAYANI, LILI (2019) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORAPADA MATA PELAJARAN PEMOGRAMAN DASAR KELAS X REKAYASA PERANGAKAT LUNAK DI SMK N 2 PADANG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img]
Preview
Text
13101156110073_LILI ANDRAYANI.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa CD Media Interaktif untuk siswa kelas Xjurusan rekayasaperangkatlunak di SMK Negeri 2 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development), dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implement, (5) evaluate. Validasi produk pengembangan mencakup (1) uji ahli isi mata pelajaran, (2) uji ahli media pembelajaran, (3) uji ahli desain pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar, dan (7) uji coba kepada guru mata pelajaran. Hasil penilaian oleh para ahli ditinjau dari aspek Kelayakan isi : 71,00%, Komponen kebahasaan : 71,25%, Komponen penyajian: 71,00% , Komponen kegrafikan: 71,25%. Secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Media CD InteraktifPemrogramanDasarsebesar 71,13%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan CukupValid digunakan. Hasil penilaian uji kepraktisan ditinjau dari aspek keadaan pengguna:80,11%, efektifitas waktu pembelajaran: 79,60%, manfaat:80,90%. Secara keseluruhan penilaian kepraktisan terhadap Media CD Interaktif PemrogramanDasarsebesar 80,20%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikanPraktis digunakan. Hasil penilaian uji keefektifan ditinjau dari aspek senang belajar: 79,08%, adanya bahan ajar yang menarik dalam belajar:71,50% . Secara keseluruhan penilaian keefektifan terhadap Media CD Interaktif PemrogramanDasar sebesar 75,29%, sehingga tingkat efektifitasasnya dapat di interprestasikan CukupEfektif Digunakan. Berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapanganCD Media Interaktif sudah teruji kelayakan, keunggulan dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran PemrogramanDasar Jurusan RekayasaPerangkatLunak di SMK Negeri 2 Padang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 13101156110073
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Rekayasa Perangkat Lunak
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Masriadi, S.Kom., M.Kom
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:42
Last Modified: 12 Feb 2019 02:42
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2428

Actions (login required)

View Item View Item