Cecilia S, Bevin Rosanna (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAJWID DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.
![]() |
Text
SKRIPSI_BEVIN ROSANNA CECILIA S_20101159110139_ABSTRAK.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_BEVIN ROSANNA CECILIA S_20101159110139_BAB I.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_BEVIN ROSANNA CECILIA S_20101159110139_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (523kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_BEVIN ROSANNA CECILIA S_20101159110139_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran tajwid dalam bentuk multimedia interaktif untuk anak usia 7-15 tahun. Fokus penelitian melibatkan konsep desain komunikasi visual dan prinsip dasar desain komunikasi visual, serta ilmu tajwid sebagai dasar teoritis. Metode perancangan mencakup pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan metode 5W 1H. Identifikasi target audiens melibatkan segmentasi berdasarkan geografi, demografi, psikografi, dan perilaku. Tujuan kreatif dirumuskan untuk menciptakan aplikasi multimedia interaktif dengan bahasa, tipografi, suara, warna, Ilustrasi, dan layout yang menarik. Media utama yang dipilih adalah Website dan Aplikasi mobile, dengan media pendukung seperti Poster, kaos (T-shirt), tumblr, tas ransel, buku menulis Arab, kipas, gantungan kunci, jam dan sticker. Diharapkan, pendekatan ini dapat efektif menyampaikan pembelajaran tajwid kepada anak-anak melalui media yang menarik dan interaktif. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Tajwid, Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Desain Komunikasi Visual > Media Interaktif |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Desain Komunikasi Visual > Desain Komunikasi Visual (S1) |
Depositing User: | Anggi Anggi A.Md |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 07:53 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 07:53 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13440 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |