PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESA WISATA APAR KOTA PARIAMAN

Fajrin, Maulana Miftahul (2024) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESA WISATA APAR KOTA PARIAMAN. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_MAULANA MIFTAHUL FAJRIN_20101159110110_ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
SKRIPSI_MAULANA MIFTAHUL FAJRIN_20101159110110_BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
SKRIPSI_MAULANA MIFTAHUL FAJRIN_20101159110110_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
SKRIPSI_MAULANA MIFTAHUL FAJRIN_20101159110110_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pariwisata merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Sejuta keindahan alam, kultur, dan warisan leluhur Indonesia yang orisinil adalah nilai lebih yang perlu terus kita lestarikan. Desa Wisata dalam konteks wisata pedesaan adalah asset kepariwisataan yang berbasis pada potensi pedesaan dengan segala keunikan dan daya tariknya. Desa Wisata Apar terletak di kec. Pariaman Utara, Kota Pariaman. Desa Apar di bentuk menjadi desa wisata pada tahun 2019, memiliki potensi wisata yang mengangkat nilai-nilai alam, budaya & kearifan lokal, yang dapat menjadi wisata bagi pelajar dan keluarga karena bersifat edukasi. Identitas visual merupakan wajah dari sebuah brand yang akan dikenali oleh audiens yang dapat berupa logo, warna, tagline dan lainnya. Tujuan dari perancangan ini adalah menciptakan sebuah identitas visual berupa logo yang dapat merepresentasikan dan mewakili potensi wisata yang ada pada Desa Wisata Apar. Metode yang di gunakan dalam perancangan ini adalah Analisis SWOT untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta potensi yang dapat digunakan dalam perancangan identitas visual desa wisata Apar. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah logo serta tagline sebagai media utamanya yang memiliki makna dalam membentuk identitas Desa Wisata Apar yang mudah diingat dan dikenali oleh Masyarakat, media utama tersebut diperkuat oleh media pendukung seperti wayfinding sign, identification sign, tiket, stempel dan juga marchendise seperti T Shirt, payung, tumbler, totebag, gantungan kunci, dan stiker. Kata Kunci : Identitas Visual, Logo, Pariwisata, Desa Wisata, Desa Wisata Apar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Desain Komunikasi Visual > Branding
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Desain Komunikasi Visual > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 25 Apr 2025 07:25
Last Modified: 25 Apr 2025 07:25
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item