PENGOPTIMALAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DENGAN MELAKUKAN SEGMENTASI PELANGGAN PADA PERINTIS CELL MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEDOIDS

Revi, Mahesa M. Ibra (2024) PENGOPTIMALAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DENGAN MELAKUKAN SEGMENTASI PELANGGAN PADA PERINTIS CELL MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEDOIDS. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101152630216_M. IBRA REVI MAHESA_Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Skripsi_19101152630216_M. IBRA REVI MAHESA_BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Skripsi_19101152630216_M. IBRA REVI MAHESA_Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Skripsi_19101152630216_M. IBRA REVI MAHESA_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi kunci yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas. Pengoptimalan CRM memerlukan pemahaman mendalam tentang karakteristik pelanggan, yang dapat dicapai melalui segmentasi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan CRM dengan melakukan segmentasi pelanggan menggunakan algoritma K-Medoids, sebuah teknik clustering yang efektif dalam menangani data yang mengandung outlier dan hasil yang lebih stabil dibandingkan metode lainnya seperti K-Means. Data pelanggan dianalisis berdasarkan beberapa variabel penting seperti frekuensi pembelian, nilai transaksi, dan keterkinian aktivitas pelanggan. Melalui penerapan algoritma K-Medoids, kelompok-kelompok pelanggan dengan karakteristik serupa diidentifikasi, memungkinkan perusahaan untuk merancang strategi pemasaran dan layanan yang lebih terfokus dan personal. Studi kasus pada perusahaan e-commerce menunjukkan bahwa segmentasi dengan K-Medoids dapat memberikan hasil yang lebih akurat dalam mengelompokkan pelanggan dibandingkan dengan metode lain, serta mampu meningkatkan efektivitas strategi CRM yang diterapkan. Hasil penelitian ini menggarisbawahi pentingnya penggunaan algoritma yang tepat dalam segmentasi pelanggan untuk memaksimalkan kinerja CRM. Kata Kunci : CRM, Segmentasi Pelanggan, K-Medoids

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Teknik > Komputer
0 Research > Teknik
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 13 Feb 2025 08:02
Last Modified: 13 Feb 2025 08:02
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13129

Actions (login required)

View Item View Item