Fajar, Fajar (2024) ANALISIS KERUSAKAN JALAN AKIBAT BEBAN BERLEBIH KENDARAAN DI RUAS JALAN BANUARAN KOTO BARU KECAMATAN LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
Text
SKRIPSI_FAJAR_19101154330014_ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text
SKRIPSI_FAJAR_19101154330014_BAB I.pdf Download (274kB) |
|
Text
SKRIPSI_FAJAR_19101154330014_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
|
Text
SKRIPSI_FAJAR_19101154330014_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kondisi jalan Banuaran, koto-baru di provinsi sumatra barat kota padang ada yang mengalami kerusakan jalan pada beberapa tempat dikarnakan ada beberapa kendaraan berat yang melintasi dijalan Banuaran Koto Tangah dan beberapa kendaraan dari PT. Kilang Lima Gunung, Perusahaan ini merupakan salah satu eksportir karet yang ada disumatra barat terutama untuk tujuan Singapura, Eropa, dan Amerika. PT. Kilang Lima Gunung didirikan pada tanggal 12 Maret 1951, dan beroperasi mulai tahun 1980, dikelurahan banuaran kecamatan lubuk begalung sumatra barat, semejak perusahaan tersebut beroperasi kondisi jalan banuaran koto-baru mulai mengalami kerusakan karna beban atau muatan kendaraan yang dilalui perusahaan tersebut. sehingga banyak jalan menjadi rusak atau berlubang sehingga bisa membahayakan pengguna jalan yang lain. Tiap tahun ruas dijalan banuaran koto-baru sering dilakukan perbaikan (overlay) dilintas sepanjang 750 m tersebut. Setelah diperbaiki 5 tahun kedepan jalan tersebut mengalami kerusakan lagi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian yang menggunakan metode penelitian kuantitatif, dalam satu penelitian untuk Metode penelitianya yaitu berupa pengumpulan data menggunakan anggka serta analisis data yang dapat diukur dalam bentuk observasi lapangan. Hubungan overload dengan kerusakan jalan dilihat dari semakin besar overload maka kerusakan jalan semakin besar. Dalam analisa ini menggunakan metode ASSHTO 1993, ada dua macam data yang akan digunakan dalam mengetahui akibat kerusakan jalan, yaitu data primer dan data sekunderDari hasil penelitian di ketahui ekivalen kendaraan atau (VDF) untuk kendaraan dengan keadaan rencana umur jalan selama 10 tahun yaitu 427,1582 ESAL. Sedangkan umur jalan selama 10 tahun untuk kendaraan yang mengalami Overloading yaitu sebesar 1038,415311 ESAL. Karena seringnya kendaraan berat yang melintas maka kinerja perkerasan hampir tidak pernah sesuai dengan umur yang direncanakan, maka dari itu perlunya terjadi pelaksanaan rehabilitasi/perbaikan perkerasan jalan lebih yang lebih cepat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Teknik > Rekayasa Lingkungan |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 03:34 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 03:34 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12611 |
Actions (login required)
View Item |