RANCANGAN CUSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PENINGKATAN PENJUALAN GORDEN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX PADA CV.USI-USI INTERIOR

Andrian, Reski (2022) RANCANGAN CUSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PENINGKATAN PENJUALAN GORDEN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX PADA CV.USI-USI INTERIOR. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_RESKI ANDRIAN_18101152610662_ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
SKRIPSI_RESKI ANDRIAN_18101152610662_BAB 1.pdf

Download (364kB)
[img] Text
SKRIPSI_RESKI ANDRIAN_18101152610662_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
SKRIPSI_RESKI ANDRIAN_18101152610662_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tidak semua perusahaan atau pelaku bisnis menawarkan suatu produk yang mereka jual menyadari akan pentingnya suatu pelayanan terhadap konsumen. Hal ini bisa terjadi akibat banyaknya aspek kepuasan konsumen, atau produk yang dijual merupakan produk unggulan atau banyak diminati oleh para konsumen, sehingga perusahaan tidak memiliki kecemasan atau kekhawatiran akan ditinggalkan oleh konsumen. Dapat dibayangkan, seberapa besar keuntungan yang dilepaskan begitu saja jika kita tidak mempedulikan kepuasan konsumen. CRM (Customer Relationship Management) merupakan suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata para pelanggannya. Tujuan utama dari CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan. Fungsi CRM terbagi bagi untuk mendukung kegiatan bisnis perusahaan, seperti penjualan, sales, marketing, customer service, training, dll. Jelas bahwa ciri sebuah CRM adalah mengintegrasikan bagian-bagian yang memiliki mata rantai dengan konsumen. Persaingan bisnis saat ini tidak hanya mengandalkan produk semata, didorong dengan semakin ketatnya kompetisi, juga dikarenakan kemajuan informasi teknologi itu sendiri, kebutuhan akan sistem CRM akan semakin terasa hari demi hari. Dengan adanya sistem CRM (Customer Relationship Management), maka diharapkan agar para pelaku bisnis dapat mengetahui bagaimana langkah langkah atau cara melayani konsumen, agar konsumen merasa puas sehingga keuntungan yang diperoleh semakin meningkat, karena apabila konsumen merasa puas dengan pelayanan kita, maka secara otomatis konsumen tersebut akan membeli lagi, atau bahkan menjadi pelanggan tetap bagi bisnis kita. Data yang didapat dari perusahaan kemudian diolah menggunakan metode (Importance Performance Analysis ) IPA dan (Customer Satisfaction Index) CSI. Metode IPA adalah menggunakan faktor-faktor kinerja penting untuk dalam memenuhi kepuasan para konsumen dimulai dari pemberian nilai skala (skala likert) yang masing-masing memiliki nilai bobot kemudian dijabarkan dalam diagram Kartesius dan berlanjut pada perhitungan rata-rata tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan konsumen. Metode CSI yaitu mengukur tingkat kepuasan pelanggan berdasarkan atribut-atribut tertentu dengan melalui tahapan berikut Weight Factors (WF), Weight Score (WS), Weighted Total (WT) dan yang terakhir menghitung customer satisfaction index WT dibagi skala maksimal. Dengan menerapkan CRM dengan metode di atas maka didapatkan hasil peningkatan penjualan gorden yang maksimal sehingga dapat meningkatkan omset penjualan CV. Usi-Usi Interior dan dapat mempertahankan serta meningkatkan kepuasan konsumen terhadap pelayanan. Maka dapat disimpulkan dengan metode customer relationship management ini dapat memudahkan pekerjaan administrator, memudahkan customer untuk melakukan pembelian barang atau produk, memberikan layanan kepada pelanggan yang spesifik sehingga tujuan untuk meningkatkan kepuasan dan lovalitas pelanggan tercapai. Kata Kunci : customer relationship management, Metode IPA dan CSI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:55
Last Modified: 10 Oct 2024 01:55
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item