PENGGUNAAN METODE MCCALL UNTUK PENGUKURAN KUALITAS APLIKASI KAI ACCESS (STUDY KASUS STASIUN KERETA API SIMPANG HARU)

Zabian, Muhammad (2022) PENGGUNAAN METODE MCCALL UNTUK PENGUKURAN KUALITAS APLIKASI KAI ACCESS (STUDY KASUS STASIUN KERETA API SIMPANG HARU). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD ZABIAN_18101152610653_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD ZABIAN_18101152610653_BAB 1.pdf

Download (357kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD ZABIAN_18101152610653_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD ZABIAN_18101152610653_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat menjadikan semua kebutuhan manusia bergantung pada teknologi dalam kehidupan sehari-hari, dari sistem yang manual dapat dibuat suatu sistem sesuai kebutuhan. Dengan adanya teknologi informasi, manusia dapat memperoleh informasi atau apapun yang dibutuhkan dengan cepat dan efisien. Teknologi informasi saat ini sudah merambah ke segala bidang, seperti kepolisian, militer, kementerian, pendidikan dan lain sebagainya. Aplikasi KAI Acces pada PT KAI Stasiun Kereta Api Simpang haru digunakan untuk pemesanan tiket secara online yang dilakukan konsumen. Dengan sistem pemesanan tersebut dapat mempermudah konsumen melakukan pembelian tiket yang selama ini dilakukan dengan cara manual serta dapat melihat jadwal keberangkatan serta peta lokasi dan ada pula fitur untuk melihat riwayat pembelian tiket. Metode McCall yang diimplementasikan terdapat 5(lima) indikator penilaian yaitu: correctness(ketepatan), efficiency(efisien), integrity(integritas), reliability(kehandalan) dan usability(kegunaan) dengan nilai masing-masing indikator adalah correctness = 54%, efficiency = 33%, integrity =54 %, reliability = 58%, dan usability = 59%.Dengan menggunakan metode McCall yang diimplentasikan dapat ditemukan bahwa nilai indikator terbaik adalah indikator usability dengan nilai persentase 59% dan nilai indikator reliability merupakan indikator terburuk dengan nilai persentase 31%. Kata Kunci : Pengukuran, Aplikasi, MCCALL, KAI Access, Stasiun Simpang Haru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:51
Last Modified: 10 Oct 2024 01:51
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12014

Actions (login required)

View Item View Item