PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Lovely, Meisy (2023) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101155310856_MEISY LOVELY_Abstrak.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Skripsi_19101155310856_MEISY LOVELY_BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Skripsi_19101155310856_MEISY LOVELY_Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Skripsi_19101155310856_MEISY LOVELY_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman. Beberapa tahun terakhir perusahaan Food and Beverage mengalami hutang yang sangat meningkat karena beban bunga perusahaan yang begitu besar dan akan mengurangi keuntungan sehingga menjadi pertimbangan bagi para investor untuk menanamkan modalnya. Oleh karena itu, perlu adanya aspek kontrol yang dimiliki oleh pemilik perusahaan dalam menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal dengan profitabilitas sebagai variable intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021. Sampel pada penelitian ini yang sesuai dengan kriteria dan ditentukan dengan metode Purposive Sampling sehingga didapatkan total sampel sebanyak 32 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Data Panel dengan menggunakan Sofware Econometric Views (Eviews) versi 10. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal, sedangkan pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Profitabilitas dapat memediasi ukuran perusahaan terhadap struktur modal, sedangkan profitabilitas tidak dapat memediasi pertumbuhan penjualan terhdap struktur modal. Kata kunci : Ukuran perusahaan, Pertumbuhan penjualan, Profitabilitas (ROE) dan Struktur modal (DER).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis
0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:50
Last Modified: 22 Jul 2024 03:50
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11353

Actions (login required)

View Item View Item