PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN PROPERTI & REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2021

Yasinta, Yasinta (2023) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN PROPERTI & REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2021. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Skripsi_19101155310829_YASINTA_Abstrak.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Skripsi_19101155310829_YASINTA_BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Skripsi_19101155310829_YASINTA_Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Skripsi_19101155310829_YASINTA_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena nilai perusahaan yang terus berubah setiap tahunnya. Dimana buruknya kondisi perekonomian global dan lemahnya pondasi perekonomian dalam negri menyebabkan penurunan harga seluruh saham dan pergerakan saham tidak stabil. Dengan kondisi pandemi dan diterapkannya PSBB berdampak kepada operasional perusahaan dikarenakan menyebabkan terjadinya penurunan dan juga pemberhentian aktivitas ekonomi selama pandemi. Pengaruh pandemi terlihat pada penurunan harga saham dan kinerja keuangan perusahaan yang mempengaruhi pengukuran nilai perusahaan. Nilai pada perusahaan menggalami kenaikan dan penurunan yang diakibatkan rendahnya kemampuan perusahaan dalam menghadapi pandemi yang datang tanpa ada persiapan tertentu atas kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan properti & real estate di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021.. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 29 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi panel menggunakan alat bantu eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) profitabilitas mampu memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. (4) Profitabilitas mampu memoderasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan. Hasil Uji R tanpa model moderasi ukuran perusahaan dan leverage mampu memberikan kontribusi dalam mempengaruhi nilai perusahaan. Dan uji R model moderasi ukuran perusahaan dan leverage dengan profitabilitas sebagai pemoderasi mampu memberikan kontribusi dalam mempengaruhi nilai perusahaan. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Leverage, Nilai Perusahaan, Profitabilitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis
0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:31
Last Modified: 22 Jul 2024 02:31
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/11340

Actions (login required)

View Item View Item