OPTIMALISASI MANAJEMEN BISNIS DENGAN MERAMALKAN PENJUALAN BARANG UNTUK MENGELOLA PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING PADA LORUS CELLULAR

MARDIYANSYAH, RIZKY (2023) OPTIMALISASI MANAJEMEN BISNIS DENGAN MERAMALKAN PENJUALAN BARANG UNTUK MENGELOLA PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING PADA LORUS CELLULAR. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_RIZKY MARDIYANSYAH_19101152630147_ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZKY MARDIYANSYAH_19101152630147_BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZKY MARDIYANSYAH_19101152630147_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZKY MARDIYANSYAH_19101152630147_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Manajemen merupakan kunci utama dari berkembang atau tidaknya sebuah bisnis, semakin optimal manajemen yang dilakukan pelaku bisnis maka semakin optimal pula hasilnya. Manajemen persedian merupakan salah satu upaya dalam optimalisasi manajemen bisnis, dengan terkendalinya persedian maka dapat memberikan keuntungan yang besar bagi pelaku usaha tersebut. Perkembangan teknologi informasi telah mempermudah pelaku usaha dalam mengelola persedian seperti sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pelaku usaha dalam menentukan persedian. Oleh karena itu pada penelitian kali ini peneliti akan mengembangkan sebuah sistem informasi yang akan membantu pelaku usaha dalam optimalisasi manajemen bisnis terutama manajemen persedian. Dalam manajemen persediaan dibutuhkan peramalan penjualan yang akan terjadi pada periode berikutnya agar pelaku usaha dapat mempersiapkan persedian untuk periode tersebut, untuk itu dibutuhkan sebuah metode yang dapat melakukan peramalan yaitu metode doubele exponential smoothing. Untuk melakukan peramalan di butuhakan data aktual sebagai acuan dari peramalan tersebut, data yang peneliti gunakan adalah data transaksi selama dua belas bulan terakhir pada Lorus Cellular. Setelah melakukan penelitian menggunakan metode double exponential smoothing dan data transaksi penjualan Lorus Cellular maka penelti mendapatkan hasil ramalan penjualan untuk periode berikutnya dengan nilai eror yang rendah untuk tiap barangnya dan proses peramalan tersebut telah di permudah menggunakan sistem informasi yang telah peneliti kembangkan. Manfaat utama dari penelitian ini adalah untuk membantu pelaku bisnis dalam manajemen bisnis, mempermudah proses pengadaan barang, serta mengatasi masalah dalam menentukan persediaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:46
Last Modified: 24 Jun 2024 07:46
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10649

Actions (login required)

View Item View Item