OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN MELAKUKAN KLASIFIKASI PRODUK UNTUK MENUNJANG PEMASARAN PADA TOKO KERIPIK BALADO ANE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

BASRI, BETA BISMUDIA (2023) OPTIMALISASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN MELAKUKAN KLASIFIKASI PRODUK UNTUK MENUNJANG PEMASARAN PADA TOKO KERIPIK BALADO ANE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_BETA BISMUDIA BASRI_19101152630046_ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
SKRIPSI_BETA BISMUDIA BASRI_19101152630046_BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
SKRIPSI_BETA BISMUDIA BASRI_19101152630046_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
SKRIPSI_BETA BISMUDIA BASRI_19101152630046_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya bidang usaha sehingga menyebabkan persaingan yang begitu ketat, yaitu bagaimana cara untuk menjaga usaha tetap stabil dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan demi keberlangsungan usaha. Toko Keripik Balado Ane merupakan salah satu toko yang berada di Pariaman. Permasalahan yang umum dihadapi oleh toko adalah mempunyai kendala pada persediaan produk dan mempertahankan relasi dengan pelanggannya. Ada beberapa produk yang laris dan memiliki banyak peminat sehingga produk tersebut cepat habis, maka dari itu untuk pelanggan lain yang ingin membeli produk tersebut tidak kebagian. Dan sebaliknya, ada juga produk yang sedikit peminatnya sehingga melewati tanggal kadaluarsa. Salah satu cara untuk mengatasi permasalah tersebut yaitu dengan cara menerapkan customer relationship management untuk menjaga relasi dengan pelanggan serta memperoleh pelanggan baru dan melakukan klasifikasi produk dengan memanfaatkan teknik data mining yaitu metode algoritma naïve bayes. Dengan memanfaatkan data penjualan pada Toko Keripik Balado Ane didapatkan 47 data produk. Dari 47 data tersebut 3 sangat laku, 5 laku, dan 39 kurang laku. Dari data tersebut toko mengetahui mana-mana saja barang yang sangat laku, laku dan kurang laku, jadi pemilik toko bisa melakukan pengadaan barang untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:18
Last Modified: 24 Jun 2024 07:18
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10639

Actions (login required)

View Item View Item