OPTIMALISASI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DALAM PEMILIHAN SUPPLIER OBAT PERTANIAN PADA TOKO HARAPAN TANI MENGGUNAKAN METODE MOORA

Mukhtar, Arifullah Imam (2023) OPTIMALISASI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DALAM PEMILIHAN SUPPLIER OBAT PERTANIAN PADA TOKO HARAPAN TANI MENGGUNAKAN METODE MOORA. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_ARIFULLAH IMAM MUKHTAR_18101152630087_ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
SKRIPSI_ARIFULLAH IMAM MUKHTAR_18101152630087_BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
SKRIPSI_ARIFULLAH IMAM MUKHTAR_18101152630087_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
SKRIPSI_ARIFULLAH IMAM MUKHTAR_18101152630087_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Toko Harapan Tani bergerak di bidang penyediaan obat pertanian. Permintaan konsumen yang sangat banyak dan lokasi toko yang strategis di daerah pertanian membuat toko harus selalu menjaga rantai pasok atau supply chain management agar proses produksi berjalan dnegan lancar terutama pada supplier. Terdapat banyak supplier yang bekerjasama dengan toko harapan tani. Permasalahan pada toko ini masih kebingungan dalam memilih supplier yang tepat dari beberapa supplier yang bekerjasama dengan berbagai kelebihan supplier nya masing-masing. Dampak dari hal tersebut Toko Harapan Tani kadang memasok barang dengan harga yang tinggi, pengiriman yang sangat lama, jumlah produk tidak tepat, dan juga produk yang kurang bagus. Pada saat barang dari supplier datang tidak tepat waktu atau lama, biasanya toko ini memasok barang dengan supplier lain agar proses produksi tetap berjalan, namun harganya sangat mahal. Maka dari itu toko ini perlu melakukan pemilihan pemilihan supplier yang tepat agar nantinya tidak terjadi dampak dari kesalahan memilih supplier tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Rasio Analysis (MOORA) untuk menentukan supplier terbaik yang dapat bekerjasama dengan Toko Harapan Tani. Hasil Penelitian didapat bahwa supplier dengan nilai tertinggi merupakan supplier terbaik yang dapat bekerjasama dengan Toko Harapan Tani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Sistem Penunjang Keputusan
0 Research > Ilmu Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:15
Last Modified: 24 Jun 2024 03:15
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/10585

Actions (login required)

View Item View Item