ANALISIS SWOT UNTUK PARIWISATA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BERDAYA SAING DENGAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Pada Mifan Water Park And Resort Kota Padang Panjang)

Afriyeni, Nanda (2021) ANALISIS SWOT UNTUK PARIWISATA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BERDAYA SAING DENGAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Pada Mifan Water Park And Resort Kota Padang Panjang). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_NANDA AFRIYENI_17101155310346_ABSTRAJ.pdf

Download (173kB)
[img] Text
SKRIPSI_NANDA AFRIYENI_17101155310346_BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
SKRIPSI_NANDA AFRIYENI_17101155310346_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
SKRIPSI_NANDA AFRIYENI_17101155310346_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis SWOT Untuk Pariwisata Sebagai Dasar Perumusan Strategi Berdaya Saing Dengan Metode QSPM Metode pengumpulan data melalui survei dan mengedarkan kuisioner, dengan sampel 10 responden dari Pengunjung pada Mifan Water Park And Resort Padang Panjnag. Metode analisis yang digunakan adalah metode QSPM. Hasil penelitian dari faktor internal perusahaan dengan menggunakan matrik IFE kekuatan utama yang digunakan Mifan Water Park And Resort Padang Panjang adalah memiliki infrastruktur yang baik dengan skor bobot 0,383432. Sedangkan faktor eksternal EFE peluang utama yang dimiliki Mifan Water Park And Resort Padang Panjang adalah Mifan water park and resort Padang Panjang bisa dijadikan tempat refresing dan pilihan bagi wisatawan untuk homestay dengan skor bobot 0,364214. Setelah perhitungan matrik IFE dan EFE maka akan dihasilkan matrik IE dengan total masing-masing IFE sebesar 5,49273 pada baris horizontal dengan kategori rata-rata, sedangkan EFE sebesar 6,046951 pada baris vertikal tinggi, hal tersebut juga menunjukkan pada saat ini faktor eksternal Mifan water park and resort Padang Panjang lebih kuat dibandingkan dengan faktor internal. Dari hasil tersebut Mifan water park and resort Padang Panjang berada pada sel 1 dengan strategi grow and build atau tumbuh dan kembangkan Dari hasil peringkat alternatif strategi berdasarkan QSPM diperoleh alternatif yang paling menarik oleh Mifan Water Park And Resort Padang Panjang yaitu Dengan banyaknya penginapan membuat potensi keramaian di objek wisata dan berpeluang untuk bisnis oleh-oleh khas minang dengan nilai TAS tertinggi 0,342474. Dari hasil tersebut diharapkan Mifan Water Park And Resort Padang Panjang. Sedangkan alternatif kedua yang menarik lainnya adalah Dengan adanya kondisi alam yang asri yang berbeda dengan wisata lain menjadi pilihan yang tepat homestay. dengan nilai TAS 0,342013.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:59
Last Modified: 19 Feb 2024 07:59
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/9853

Actions (login required)

View Item View Item