ANALISIS SIKLUS HIDUP PRODUK UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN PADA UKM COKOLAKO DI NAGARI LUBUK MALAKO KABUPATEN SOLOK SELATAN

Wahyudi, Rizki (2021) ANALISIS SIKLUS HIDUP PRODUK UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN PADA UKM COKOLAKO DI NAGARI LUBUK MALAKO KABUPATEN SOLOK SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_RIZKI WAHYUDI_16101155310641_BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZKI WAHYUDI_16101155310641_ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZKI WAHYUDI_16101155310641_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZKI WAHYUDI_16101155310641_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

Dunia bisnis yang semakin berkembang terutama di usaha kecil menengah/ukm perkembangan dipengaruhi oleh kemajuan teknologi membuat tingginya persaingan bisnis dalam ukm ini sehingga diperlukan strategi pemasaran yang baik ataupun yang baru dan signifikan dalam proses persaingan pasar antar competitor untuk mencapai target bisnis yang lebih baik dari sebelumnya dengan maksimalkan baik dari kondisi internal maupun eksternal ukm. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan merumuskan strategi pemasaran pada ukm chokolako dengan mengunakan analisis SWOT. Dalam menetapkan strategi pemasaran perlu mengetahui faktor internal dari kekuatan dan kelemahan serta factor eksternal dari peluang dan ancaman. Metode penelitian ini adalah dengan mengunakan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu ketua/kepala ukm dan divisi pemasaran, sampel penelitian ini adalah ketua ukm dan devisi pemasaran, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara,observasi, dan focus group. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis siklus produk internal ukm chokolako memiliki khalitas bubuk coklat yang lebih baik dari pada ukm lainnya yang bergerak dibidang yang sama, pelayanan yang sopan dan ramah, harga produk yang terjangkau, sedangkan kelemahan yang dimiliki yaitu terdapatnya ketahanan bubuk coklat yang kurang lama, strategi pemasaran yang belum bagus, proses permentasi yang lama. Pada lingkungan eksternal Ukm Chokolako lubuk malako dari pangsa pasar yang luas, permintaan konsumen yang tinggi dan maksimalkan pemasaran melalui promosi yang baik. Sedangkan ancaman berupa pesaing yang bergerak pada bidang yang sama, konsumen yang beralih ke produk dari ukm lain, dan pesaing menawarkan harga produk yang miring. Hasil penelitian menunjukan Ukm Chokolako lubuk malako memiliki kekuatan lebih dari kekurangannnya, dan juga memiliki lebih banyak peluang dibandingkan ancaman dari ukm lain yang bergerak di bidang yang sama. Berdasarkan analisis SWOT Ukm Chokolako Lubuk Malako berada pada posisi yang baik pada diagram SWOT dan strategi pemasaran yang dirumuskan adalah strategi pemasran dan pertumbuhan. Berdasarkan amalisis SWOT, strategi yang dapat dirumuskan adalah strategi pemasaran dan strategi SO, WO, ST dan WT dan didukung oleh strategi beriontasi pertumbuhan dan strategi pemasran yang mana mengoptimalkan promosi, memperluas pemasaran melalui media dan selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Kewirausahaan dan Pemasaran
0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:59
Last Modified: 15 Feb 2024 03:59
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/9789

Actions (login required)

View Item View Item