Rahmadhani, Sitti Fadhilah (2021) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK RSUD AROSUKA KABUPATEN SOLOK. Sarjana thesis, Univesitas Putra Indonesia YPTK.
Text
Skripsi_17101157510065_Sitti Fadhilah Ramadhani_Abstrak.pdf Download (185kB) |
|
Text
Skripsi_17101157510065_Sitti Fadhilah Ramadhani_BAB I.pdf Download (326kB) |
|
Text
Skripsi_17101157510065_Sitti Fadhilah Ramadhani_DAftar Pustaka.pdf Download (407kB) |
|
Text
Skripsi_17101157510065_Sitti Fadhilah Ramadhani_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK RSUD AROSUKA KABUPATEN SOLOK Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien Di Poliklinik RSUD Arosuka Kabupaten Solok. Variabel independen dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal dan variabel dependen adalah kepuasan pasien. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala komunikasi interpersonal dan skala kepuasan pasien. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel insidental dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 pasien. Uji validitas menggunakan Corrected Item-Total Correlation dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan koefisien validitas pada skala komunikasi interpersonal berkisar dari 0.349 sampai dengan 0.796, sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0.925. Hasil koefisien validitas pada skala kepuasan pasien berkisar dari 0.345 sampai dengan 0.677, sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0.895. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan besarnya koefisien korelasi sebesar 0.559 dengan taraf signifikan (p) =0.000. Artinya ada hubungan signifikan dengan arah positif antara komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien Di Poliklinik RSUD arosuka Kabupaten Solok. Sehingga dapat diartikan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif variabel komunikasi interpersonal dengan kepuasan pasien adalah sebanyak 31 %. Kata kunci : Komunikasi Interpersonal Perawat, Kepuasan Pasien, Pasien
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Psikologi 0 Research > Psikologi > Psikologi Klinis |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Psikologi |
Depositing User: | Ryan Ariadi A.Md |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 03:42 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 03:42 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/6993 |
Actions (login required)
View Item |