HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN BEBAN KOGNITIF DENGAN EMOSI AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ONLINE PADA SISWA SMP N 2 PASAMAN BARAT

Septia, Michelsi Wasni (2020) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN BEBAN KOGNITIF DENGAN EMOSI AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ONLINE PADA SISWA SMP N 2 PASAMAN BARAT. Sarjana thesis, Univesitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
Skripsi_16101157510126_Michelsi Wasni Septia_Abstrak.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Skripsi_16101157510126_Michelsi Wasni Septia_BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Skripsi_16101157510126_Michelsi Wasni Septia_Daftar Pustaka.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Skripsi_16101157510126_Michelsi Wasni Septia_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGANANTARA EFIKASI DIRI DAN BEBAN KOGNITIF DENGAN EMOSI AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ONLINE PADA SISWA SMP N 2 PASAMAN BARAT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan beban kognitif dengan emosi akademik dalam pembelajaran matematika berbasis online pada siswa SMP N 2 Pasaman Barat.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah efikasi diri dan beban kognitif dan variabel terikat adalah emosi akademik. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skalaefikasi diri, skala beban kognitif dan skala emosi akademik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknikprobability sampling dengan Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 245 orang. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil koefisien validitas pada skala efikasi diri bergerak dari rix=0,346 sampai dengan rix=0,795dengan koefisien reliabilitas sebesar α= 0,914, skala beban kognitif bergerak dari rix=0,303sampai dengan rix=0,642 dengan koefisien reliabilitas sebesar α= 0,942 sedangkan skala emosi akademik bergerak dari rix=0,302sampai dengan rix=0,773 dengan koefisien reliabilitas sebesar α= 0,918. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,781 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan beban kognitif dengan emosi akademik dalam pembelajaran matematika berbasis online pada siswa SMP N 2 Pasaman Barat. Hasil analisis sumbangan efektif efikasi diri dan beban kognitif dengan emosi akademik adalah sebesar 60,9%. Kata kunci:Efikasi Diri, Beban Kognitif dan Emosi Akademik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Psikologi
0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Psikologi
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:54
Last Modified: 22 Aug 2023 02:54
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/6791

Actions (login required)

View Item View Item