HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BUKITTINGGI

Amalia, Tanjung Gina Rizki (2020) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BUKITTINGGI. Sarjana thesis, Univesitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
Skripsi_15101157510010_Gina Rizki Amalia Tanjung_Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Skripsi_15101157510010_Gina Rizki Amalia Tanjung_BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Skripsi_15101157510010_Gina Rizki Amalia Tanjung_Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Skripsi_15101157510010_Gina Rizki Amalia Tanjung_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BUKITTINGGI. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara regulasi diri dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bukittinggi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah regulasi diri dan prokrastinasi akademik dan variabel terikat adalah hasil belajar. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala regulasi diri dan skala prokrastinasi akademik dan hasil belajar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 128 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bukittinggi. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil koefisien validitas pada skala regulasi diri bergerak dari rix = 0,301 sampai dengan rix = 0,771 dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,924 sedangkan pada skala prokrastinasi akademik bergerak dari rix = 0,346 sampai dengan rix = 0,743 dengan koefisien reliabilitas sebesar α = 0,926. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai korelasi sebesar -0,597 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara regulasi diri dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bukittinggi. Adapun sumbangan efektif dari variabel regulasi diri dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bukittinggi sebesar 36%, hal ini dapat diartikan bahwa regulasi diri dan prokrastinasi akademik mampu memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 36%. Kata kunci: regulasi diri dan prokrastinasi akademik, hasil belajar, siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Psikologi
0 Research > Psikologi > Psikologi Pendidikan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Psikologi
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:31
Last Modified: 18 Aug 2023 03:31
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/6754

Actions (login required)

View Item View Item