PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAJWID DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF

Cecilia S, Bevin Rosanna (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAJWID DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_BEVIN ROSANNA CECILIA S_20101159110139_ABSTRAK.pdf

Download (424kB)
[img] Text
SKRIPSI_BEVIN ROSANNA CECILIA S_20101159110139_BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
SKRIPSI_BEVIN ROSANNA CECILIA S_20101159110139_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB)
[img] Text
SKRIPSI_BEVIN ROSANNA CECILIA S_20101159110139_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran tajwid dalam bentuk multimedia interaktif untuk anak usia 7-15 tahun. Fokus penelitian melibatkan konsep desain komunikasi visual dan prinsip dasar desain komunikasi visual, serta ilmu tajwid sebagai dasar teoritis. Metode perancangan mencakup pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan metode 5W 1H. Identifikasi target audiens melibatkan segmentasi berdasarkan geografi, demografi, psikografi, dan perilaku. Tujuan kreatif dirumuskan untuk menciptakan aplikasi multimedia interaktif dengan bahasa, tipografi, suara, warna, Ilustrasi, dan layout yang menarik. Media utama yang dipilih adalah Website dan Aplikasi mobile, dengan media pendukung seperti Poster, kaos (T-shirt), tumblr, tas ransel, buku menulis Arab, kipas, gantungan kunci, jam dan sticker. Diharapkan, pendekatan ini dapat efektif menyampaikan pembelajaran tajwid kepada anak-anak melalui media yang menarik dan interaktif. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Tajwid, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Desain Komunikasi Visual > Media Interaktif
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Desain Komunikasi Visual > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 25 Apr 2025 07:53
Last Modified: 25 Apr 2025 07:53
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13440

Actions (login required)

View Item View Item