PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA PADA KANTOR BUPATI PESISIR SELATAN

LUSI, LUSI (2024) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA PADA KANTOR BUPATI PESISIR SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
SKRIPSI_20101155310322 LUSI_BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
SKRIPSI_20101155310322 LUSI_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_20101155310322 LUSI_ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
SKRIPSI_20101155310322 LUSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

Kantor Bupati merupakan salah satu instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang pelayanan yang berfungsi untuk informasi publik yang menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan informasi publik, dokumentasi dan kearsipan, serta pengaduan dan penyelesaian sengketa. Untuk meningkatkan pelayanan dan manajemen yang baik, kinerja pegawai merupakan salah satu faktor penting dengan memperbaiki budaya organisasi dan disiplin kerja, sehingga membuat pegawai merasa puas dengan pekerjaannya. Namun hal tersebut harus didukung dengan memperhatikan kepuasan kerja. Jika ini diterapkan dengan baik maka akan berdampak pada instansi dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja pegawai. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai melalui Kepuasan Kerja. Jumlah sampel penelitian ini adalah 92 orang responden yang menggunakan alat analisis Smart PLS 3 dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan penyebaran kuesioner yang menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan yaitu budaya organisasi, mempengaruhi kepuasan kerja secara positif dan signifikan, jika budaya organisasi diterapkan dengan baik, maka kepuasan kerja pegawai juga akan meningkat. Selain itu disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, hal ini menunjukan bahwa semakin baik disiplin kerja pegawai, maka semakin tinggi pula kinerja yang akan dicapai oleh instansi. Pengaruh tidak langsung yang paling dominan adalah budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja, Jika budaya organisasi diterapkan secara efektif, maka kinerja pegawai dapat menjadi lebih baik lagi dan pegawai akan merasa lebih puas terhadap pekerjaannya, sehingga tingkat kepuasan kerja pada instansi juga akan meningkat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (S1)
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 05 Dec 2024 08:09
Last Modified: 05 Dec 2024 08:09
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12337

Actions (login required)

View Item View Item