AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ERROR IN USING PERSONAL PRONOUN ON WRITING DESCRIPTIVE TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMKN 6 PADANG IN THE ACADEMIC YEAR OF 2023/2024

Syahrul, Muhammad (2024) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ERROR IN USING PERSONAL PRONOUN ON WRITING DESCRIPTIVE TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMKN 6 PADANG IN THE ACADEMIC YEAR OF 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_19101156130021_MUHAMMAD SYAHRUL_ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101156130021_MUHAMMAD SYAHRUL_BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101156130021_MUHAMMAD SYAHRUL_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
SKRIPSI_19101156130021_MUHAMMAD SYAHRUL_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dalam penggunaan kata ganti pribadi dalam menulis teks deskriptif oleh siswa Kelas X SMKN 6 Padang pada Tahun Akademik 2023/2024. Metode penelitian melibatkan analisis terhadap teks deskriptif yang ditulis oleh siswa dan wawancara untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan serta penyebabnya. Responden penelitian adalah 32 siswa kelas X jurusan Tata Boga di SMKN 6 Padang. Data dikumpulkan melalui tinjauan dokumen dan interaksi langsung dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 40 kesalahan dalam penggunaan kata ganti pribadi, dengan kesalahan terbanyak terjadi pada misformasi (55%), dan penambahan (35%), dan penghilangan (10%), serta salah urutan (0%). Analisis mendalam menunjukkan bahwa kesalahan tersebut disebabkan oleh transfer antarbahasa, transfer intrabahasa, dan kurangnya pemahaman konteks pembelajaran. Meskipun beberapa siswa mampu menggunakan kata ganti pribadi dengan benar, namun kesalahan tetap terjadi terutama dalam struktur kalimat. Dari temuan ini, disarankan agar siswa meningkatkan pemahaman mereka tentang kata ganti pribadi dan tata bahasa Inggris melalui latihan dan pemahaman yang mendalam. Selain itu, guru sebaiknya menciptakan metode pengajaran yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pemberian umpan balik yang konstruktif juga diperlukan untuk membantu siswa memperbaiki kesalahan mereka. Kolaborasi antara siswa dan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung akan membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan kata ganti pribadi dalam menulis teks deskriptif. Kata kunci: kesalahan, kata ganti pribadi, teks deskriptif, siswa, pengajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Bahasa Inggris
0 Research > Pendidikan dan Keguruan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 04 Nov 2024 02:57
Last Modified: 04 Nov 2024 02:57
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12170

Actions (login required)

View Item View Item