Strategi Kolaborasi Pengembangan UMKM Sulaman Indah Benang Mas dan Bordir Menggunakan Metode SWOT

Sovia, Rita Fitri and Putri, Riscia Wahyuni and Yendri, Indah Prima and Sari, Tika Novita and Putra, Ramdani Bayu (2022) Strategi Kolaborasi Pengembangan UMKM Sulaman Indah Benang Mas dan Bordir Menggunakan Metode SWOT. INNOVATIVE: JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE RESEARCH 3, 2 (1). (Submitted)

[img] Text
C25. Strategi Kolaborasi Pengembangan, S5.pdf

Download (647kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor kekuatan, peluang, kelemahan, ancaman pada UMKM dan menenentukan strategi kolaborasi yang optimal dalam pengembangan dan meningkatkan daya saing UMKM Sulaman Indah Benang Mas dan Bordir “Asnaweti Putri”. Obyek penelitian yangdipilih adalah UMKM Sulaman Indah Benang Mas dan Bordir “Asnaweti Putri” Manggung Pariaman Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pengembangan UMKM yang harus di terapkan oleh usahanya meliputi: menjaga kualitas produk untuk memenuhi permintaan konsumen, melakukan perbaikan sistem manajemen industri, memperkuat jaringan dan meningkatkan pemasaran, melakukan pengoptimalan biaya produksi, mengupayakan ketersedian bahan baku secara berkelanjutan serta melakukan pengembangan pada produk. Salah satu strategi pengembangan adalah memperkuat jaringan melalui perancangan strategi kolaborasi. Strategi kolaborasi yang diterapkan antara lain: kolaborasi klaster industri sesama UMKM, kolaborasi upstream dan dwonstream, dan kolaborasikompetensi. Kata kunci: Strategi bisnis, marketing, kolaborasi, UMKM

Item Type: Article
Subjects: 0 Research > Ekonomi dan Bisnis
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:24
Last Modified: 20 Nov 2023 02:24
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/8146

Actions (login required)

View Item View Item