NOVERANDA, REYMON HADI (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MODUL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK".
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI REYMON HADI NOVERANDA_201310115611039_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_REYMON HADI NOVERANDA_201310115611039_ABSTRAK.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
SKRIPSI_REYMON HADI NOVERANDA_201310115611039_BAB 1.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_REYMON HADI NOVERANDA_201310115611039_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh permasalahan Keterbatasan sumber belajar Simulasi dan Komunikasi Digital yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Padang pada tahun ajaran 2020/2021. Hal ini terjadi karena belum adanya media pembelajaran yang kurang menarik minat belajar bagi siswa. Oleh karena itu penulis berupaya merancang media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektifitas berupa Modul Interaktif untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development). Subjek penelitian berjumlah 30 orang siswa SMK Muhammadiyah 1 Padang. Metode penelitian ini menggunakan analisis (ADDIE), dengan desain dan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) Analyze, (2) Design, (3) development, (4) Implementasi, dan(5) Evaluate. Hasil uji validator oleh para ahli secara keseluruhan terhadap Modul Interaktif Simulasi dan Komunikasi Digital sebesar 82,72%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan Valid digunakan. Hasil penilaian uji kepraktisan Simulasi dan Komunikasi Digital secara keseluruhan penilaian kepraktisan terhadap Modul Interaktif sebesar 90,51%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan Sangat Praktis digunakan. Hasil penilaian uji keefektifan secara keseluruhan terhadap Modul Interaktif sebesar 89,67%, sehingga tingkat efektifitasnya dapat di interprestasikan Sangat Efektif digunakan. Dapat di simpulkan hasil dari uji coba lapangan Modul Interaktif sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Kata kunci : Modul Interaktif, Simulasi dan Komunikasi Digital.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Anggi Anggi A.Md |
Date Deposited: | 04 May 2023 06:56 |
Last Modified: | 04 May 2023 06:56 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/5089 |
Actions (login required)
View Item |