Pengaruh Konseptual Achievement Emotion dan Lingkungan Belajar Peserta Didik terhadap Achievement Goal

Fikri, Harry Theozard and Hendrik, Billy and Masril, Mardhiah (2021) Pengaruh Konseptual Achievement Emotion dan Lingkungan Belajar Peserta Didik terhadap Achievement Goal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (4). pp. 2185-2191. ISSN 2656-8071

[img]
Preview
Text
4. Pengaruh Konseptual Achievement Emotion dan Lingkungan Belajar Peserta Didik.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh pemahaman achievement emotion dan lingkungan belajar terhadap achievement goal peserta didik pada SMK PGRI Padang. Achievement goal diartikan sebagai motivasi dan dorongan pribadi yang menuntun seseorang untuk pencapaian tujuan tertentu, dan berpedoman pada kriteria yang digunakan dalam menilai keefektifan dalam mencapai tujuan. Subjek penelitian adalah kelas XI sebanyak 136 siswa. Instrumen pengumpul data dengan angket skala konseptual tentang achievement emotion (25 pernyataan), skala lingkungan belajar (20 pernyataan), dan skala achievement goal (15 pernyataan). Analisis data dengan uji regresi berganda diolah dengan SPSS Statistics 17. Temuan ini mengungkapkan bahwa pemahaman siswa terhadap achievement emotion dan lingkungan belajar berdampak besar pada tujuan prestasi (achievement goal) mereka, karena achievement goal adalah faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada motivasi serta keberhasilan siswa untuk belajar dan meraih prestasi, penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang nilai tujuan prestasi. Kata Kunci: achievement emotion, lingkungan belajar, achievement goal.

Item Type: Article
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Machine Learning
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:33
Last Modified: 04 Apr 2023 04:33
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4619

Actions (login required)

View Item View Item