Hendrik, Billy and Masril, Mardhiah and FIRDAUS, FIRDAUS (2021) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN I. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3 (4). xx-xx. ISSN 656-8063
|
Text
3. Meningkatkan Kemandirian Belajar-Jurnal Edukatif.pdf Download (427kB) | Preview |
Abstract
Penerapan blended learning menggunakan google classroom untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa dideskripsikan dalam artikel ini. Metode penelitian dengan deskriptif kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 126 mahasiswa semester ganjil tahun 2020. Alat penelitian digunakan angket dengan skala likert. Mahasiswa dapat belajar lebih mandiri berkat penerapan blended learning, berdasarkan temuan penelitian ini. Hasil setiap indikatornya antara lain ketidaktergantungan terhadap orang lain sebesar 81,23%, memiliki kepercayaan diri 74,98%; berperilaku disiplin sebesar 80,41%, memiliki rasa tanggungjawab sebesar 79,52%; berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri sebesar 80,76%; dan melakukan kontrol diri sebesar 79,72%. Berdasarkan temuan tersebut, blended learning dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Kata Kunci: Blended learning, google classroom, kemandirian belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Algoritma 0 Research > Ilmu Komputer > Machine Learning |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Anggi Anggi A.Md |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 04:29 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4617 |
Actions (login required)
View Item |