Muliyono, Muliyono (2021) Identifikasi Chatbot dalam Meningkatkan Pelayanan Online Menggunakan Metode Natural Language Processing. Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
|
Text
THESIS_Muliyono_192321017_ABSTRAK.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
THESIS_Muliyono_192321017_BAB1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
THESIS_Muliyono_192321017_FULLTEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
THESIS_Muliyono_192321017_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Chatbot merupakan sebuah perangkat lunak dengan kecerdasan buatan yang dapat menirukan percakapan manusia melalui pesan teks ataupun pesan suara. Chatbot ini dapat menyampaikan sebuah informasi, sesuai pengetahuan yang telah diberikan sebelumnya. Membantu keterbatasan bagian akademik dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa. metode dalam penelitian ini bersumber dari kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Berdasarkan analisis kuesioner tersebut terdapat 40 pertanyaan yang sering diajukan oleh mahasiswa kepada bagian akademik. Selanjutnya diolah menggunakan Natural Language Processing (NLP). Natural Language Processing merupakan cabang ilmu dari kecerdasan buatan yang mampu mempelajari komunikasi antara manusia dengan komputer melalui bahasa alami. Tahapan pengolahannya adalah dengan mengidentifikasi intent, memproses inputan dan menampilkan hasil sesuai inputan. Dilanjutkan dengan melakukan pengujian tingkat akurasinya. Hasil pengujian menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada 227 mahasiswa mendapatkan nilai 3,55 dengan predikat sangat baik. Kemudian melakukan pengujian menggunakan 40 data pertanyaan dan jawaban. Maka, didapatkan 37 jawaban sesuai dan 3 jawaban tidak sesuai dengan persentase akurasi jawaban yang dihasilkan dari chatbot adalah sebesar 92,5 persen. Hasil pengujian ini telah mampu merespon pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mahasiswa. Chatbot ini dapat memudahkan mahasiswa mendapatkan informasi dengan tingkat akurasi yang sangat baik. Kata kunci: Chatbot, Pelayanan, Akademik, Natural Language Processing, Kecerdasan Buatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Teknologi Komputer |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | Tri Wahyuni Oktanita A.Md |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 02:01 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 02:01 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4399 |
Actions (login required)
View Item |