Optimalisasi Prediksi Biaya Komisi Penjualan Mobil Menggunakan Metode Monte Carlo (Studi kasus di Showroom Arengka Automall Pekanbaru)

Hartomi, Zupri Henra (2020) Optimalisasi Prediksi Biaya Komisi Penjualan Mobil Menggunakan Metode Monte Carlo (Studi kasus di Showroom Arengka Automall Pekanbaru). Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img]
Preview
Text
THESIS_ZUPRI HENRA HARTOMI_ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
THESIS_ZUPRI HENRA HARTOMI_BAB1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
THESIS_ZUPRI HENRA HARTOMI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
THESIS_ZUPRI HENRA HARTOMI_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penjualan merupakan sumber pendapatan utama setiap perusahaan. Setiap perusahaan dalam memasarkan suatu produk, hendaknya menguasai pasar yang potensial untuk mendapatkan keuntungan. Memprediksi jumlah penjualan merupakan hal penting dalam menganalisis perkembangan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam memprediksi penjualan mobil dan anggaran biaya komisi mobil berdasarkan data penjualan dari tahun sebelumnya. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data penjualan mobil Tahun 2017, 2018 dan 2019 di Showroom Arengka Automall Pekanbaru (SAA Pekanbaru). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode Monte Carlo. Hasil dari 2 kali pengujian terhadap 5 orang Marketing menyatakan bahwa penjualan mobil oleh Marketing dalam kurun waktu 1 tahun pada Tahun 2018 menghasilkan rata-rata tingkat akurasinya sebesar 93% dan biaya komisi penjualan sebesar Rp 688.000.000, sedangkan pada pengujian kedua untuk Tahun 2019 menghasilkan rata-rata tingkat akurasinya sebesar 92% dan biaya komisi penjualan sebesar Rp 748.000.000. Dari hasil tersebut sesuai dengan perhitungan yang dilakukan secara manual. Sehubungan dengan nilai akurasi yang besar tersebut, maka penerapan simulasi menggunakan Metode Monte Carlo ini layak untuk diterapkan oleh perusahaan dalam pengambilan keputusan dimasa yang akan datang untuk merencanakan estimasi anggaran biaya komisi penjualan mobil dan sebagai salah satu sarana untuk menilai kinerja Marketing di SAA Pekanbaru. Kata Kunci : Prediksi, Penjualan, Monte Carlo, Pemodelan, Simulasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Model dan Simulasi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Tri Wahyuni Oktanita A.Md
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:06
Last Modified: 07 Mar 2023 03:06
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item