Sefriani, Rini and Sepriana, Rina and Wijaya, Indra and Menrisal, Menrisal (2021) Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3 (6). 4731 -4737.
|
Text
2021-Efektifitas-Paper-Ok.pdf Download (814kB) | Preview |
Abstract
Pemberlakuan pembelajaran online oleh pemerintah Indonesia melalui kebijakan Kementrian pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi terhadap semua instansi pendidikan baik formal maupun nonformal, telah membuka celah baru dalam pelaksanaan sistem pembelajaran. Penelitian ini bertujuann untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online di tingkat perguruan tinggi mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Putra Indonesia Yptk Padang. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu dengan melihat perbandingan nilai hasil pembelajaran online. Sampel dalam penelitian ini berjumlah tiga puluh tiga orang mahasiswa yang terdaftar dalam perkuliahann fisika terapan.Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan instrumen yang digunakan berupa soal ujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online dengan menggunakan learning managements system (LMS) Edmodo memberikan dampak yang lebih baik terhadap nilai pembelajaran fisika terapan mahasiswa, yang dibuktikan dengan nilai N-gain yang diperoleh yaitu skor N-gain sebesar 0,25yang bermakna efektif pembelajaran online dilakukan dengan memanfaatkan Learning Managements System Edmodo pada perkuliahann secara online mata kuliah fisika terapan. Maka dapat disimpulkan bahwa LMS sangat mendukung pembelajaran online di tingkat perguruan tinggi yang dapat mengoptimalkan pembelajaran online di masa pandemik Covid 19.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Tri Wahyuni Oktanita A.Md |
Date Deposited: | 25 Feb 2023 04:18 |
Last Modified: | 25 Feb 2023 04:18 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/4151 |
Actions (login required)
View Item |