KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SHALASA, YAUGAL (2019) KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 PADANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img]
Preview
Text
yaugal shalasa_12101156110280_Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Yaugal shalasa, 2019, Korelasi Kecerdasan Emosional Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa KelasXDiSMKNegeri3 PadangSemester Ganjil TahunAjaran 2018/2019, Sarjana Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Keguruan Ilmu dan PendidikanUniversitasPutraIndonesia“YPTK”Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat, hubungan kecerdasan emosional dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 3 Padang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMKN 3 Padang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini terdiri dari siswa kelas X di SMKN 3 Padang yang berjumlah 336 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Proposional Random Sampling, maka sampel yang diambil sebanyak 183 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan perhitungan uji korelasi berganda maka diperoleh rhitung>rtabel (0,391>0,1448). Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa korelasi dikatakan positif, dan dapat dilanjutkan dengan uji signifikan. Uji signifikan menggunakan rumus uji F, sehingga diperoleh hasil dengan Fhitung=15,20 sedangkan Ftabel=1,2778 (Fhitung > ftabel). Nilai tersebut meberikan kesimoulan terdapat korelasi yang positif dan signifikan. Kecerdasan emosional (X1) tingkat capaian skor X1 sebesar 76,17% termasuk kategori tinggi. Kreativitas belajar (X2) dengan frekuensi sebesar 20,22%.Hasil belajar simulasi dan komunikasi digital (Y) sebesar 22,95%. Uji normalitas X1,X2,Y. A.korelasi X1-Y, Rhitung=0,195, Rtabel 5% =0,1448.Hipotesis di terima. B.Korelasi X2-Y Rhitung=0,387 Rtabel 5% =0,1448. Hipotesis di terima. C.Korelasi X1-X2 Rhitung= 0,374 Rtabel 5% =0,1448. Hipotesis di terima. Di tarik kesimpul bahwa ketiga hipotesis dalam penelitian dapat diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 12101156110280
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Pendidikan
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Komputer Jaringan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Masriadi, S.Kom., M.Kom
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:48
Last Modified: 14 Feb 2019 04:48
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2466

Actions (login required)

View Item View Item