PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS X SMA BAITURRAHMAN PADANG TAHUN AJARAN 2018/2019

JUDILLA, ZIKRI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS X SMA BAITURRAHMAN PADANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img]
Preview
Text
ZIKRI JUDILLA_13101156110100_ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar TIK yang diperoleh siswa kelas X SMA Baiturrahman Padang tahun ajaran 2018/2019. Hal ini terjadi karena metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Oleh karena itu penulis berupaya merancang media pembelajaran interaktif yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektifitas Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macrromedia Flash Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMA Baiturrahman Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada Model 4D dengan tahapan yang dilalui dalam penlitian ini adalah tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Pengambilan data dilakukan kepada pengguna Media Pembelajaran Interaktif. Sampel penelitian berjumlah 24 orang siswa SMA Baiturrahman Padang. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMA Baiturrahman Padang sebesar 87,99%, sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan Valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMA Baiturrahman Padang sebesar 79,2%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan Praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektifitas secara keseluruhan penilaian efektifitas terhadap Modul Pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X SMA Baiturrahman Padang sebesar 83,4% sehingga tingkat efektifitasnya dapat di interprestasikan Sangat Baik digunakan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai validitas, praktikalitas, dan efektifitas suatu produk maka akan semakin layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 13101156110100
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Animasi Media Pembelajaran
0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Teknologi Komputer Jaringan
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Masriadi, S.Kom., M.Kom
Date Deposited: 11 Feb 2019 05:29
Last Modified: 11 Feb 2019 05:29
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2400

Actions (login required)

View Item View Item