Erpenus, Marna (2025) PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO UNTUK MENGETAHUI PERKEMBANGAN JUMLAH SISWA (STUDI KASUS DI SMK N 2 MERANGIN). Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
|
Text
TESIS_231321019_ MARNA ERPENUS_ABSTRAK.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
TESIS_231321019_ MARNA ERPENUS_BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
TESIS_231321019_ MARNA ERPENUS_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
TESIS_231321019_ MARNA ERPENUS_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penerimaan siswa baru memiliki peran yang sangat penting dalam perencanaan akademik di setiap sekolah. SMK N 2 Merangin menghadapi tantangan dalam memperkirakan jumlah pendaftar setiap tahunnya, yang dapat memengaruhi kapasitas penerimaan, alokasi sumber daya, serta efektivitas strategi pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan metode prediksi yang tepat untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih akurat dan terarah.penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Monte Carlo sebagai teknik prediksi dalam menganalisis pola penerimaan siswa di masa mendatang. Metode ini dipilih karena kemampuannya dalam mensimulasikan berbagai kemungkinan berdasarkan data historis, sehingga dapat memberikan perkiraan yang lebih realistis.Dalam penelitian ini, simulasi Monte Carlo dilakukan melalui beberapa tahapan utama, yaitu pengumpulan data historis, perhitungan distribusi probabilitas, pembuatan distribusi kumulatif, pembangkitan angka acak, serta validasi hasil simulasi dengan menggunakan 493 data dari tiga tahun terakhir. Data yang digunakan mencakup informasi historis penerimaan siswa baru di SMK N 2 Merangin, sehingga hasil prediksi yang diperoleh lebih relevan dengan kondisi nyata di sekolah tersebut.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Monte Carlo memiliki tingkat akurasi prediksi sebesar 83% dalam memperkirakan jumlah siswa baru yang akan mendaftar. Simulasi berbasis probabilitas ini mampu mengidentifikasi pola fluktuasi jumlah pendaftar dan memberikan estimasi yang lebih akurat dibandingkan metode prediksi konvensional. Selain itu, semakin banyak iterasi yang dilakukan dalam simulasi, semakin stabil dan realistis hasil prediksi yang diperoleh, sehingga dapat membantu sekolah dalam merancang strategi penerimaan yang lebih efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Model dan Simulasi |
| Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2) |
| Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 08:02 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 08:02 |
| URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/14351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
