Putri, Yasfa Indah (2024) PERANCANGAN APLIKASI DATA MINING DAN ANALISIS DATA TRANSAKSI PENJUALAN BARANG PADA MINIMARKET X-MART MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.
![]() |
Text
Skripsi_20101152610390_Yasfa Indah Putri_Abstrak.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
Skripsi_20101152610390_Yasfa Indah Putri_BAB I.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Skripsi_20101152610390_Yasfa Indah Putri_Daftar Pustaka.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
Skripsi_20101152610390_Yasfa Indah Putri_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi (TI) mengalami kemajuan yang sangat pesat, termasuk penggunaannya dalam pemasaran yang digunakan untuk mencatat transaksi dan mengolah data transaksi jual beli perusahaan. Minimarket sebagai salah satu organisasi yang menghasilkan data penjualan setiap hari, belum dapat memaksimalkan pemanfaatan data tersebut. Data penjualan hanya disimpan tanpa dilakukan analisis lebih lanjut. Diperlukan suatu aplikasi untuk menganalisis keranjang pasar data transaksi penjualan barang dengan menggunakan data mining sebagai suatu teknik analisis data yang dapat membantu minimarket memperoleh pengetahuan berupa pola-pola penjualan barang. Dengan aktivitas transaksi penjualan setiap hari, maka datanya akan bertambah seiring berjalannya waktu. Data ini harus dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi untuk meningkatkan transaksi penjualan dengan menemukan aturan asosiasi. Aplikasi data mining menghasilkan aturan asosiasi antar item pada transaksi pembelian barang jenis barang secara bersamaan dengan menentukan support sebesar 40% dan confidence sebesar 50%. Dengan demikian, jika terdapat seorang konsumen membeli jenis barang. Permasalahan yang muncul di minimarket x-mart adalah sering sekali tidak ada penjualan barang yang diinginkan konsumen atau habis karena tidak memperhatikan stok. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuatlah aplikasi data mining dengan menggunakan Algoritma Apriori. Dengan menerapkan algoritma apriori ini berhapap dapat menghasilkan suatu keputusan dari data penjualan barang yang bertujuan untuk menentukan pola pembelian barang yang sering dibeli oleh konsumen serta strategis dalam penjualan. Penerapan Algoritma Apriori pada aplikasi ini berhasil menemukan kombinasi item terbanyak berdasarkan data transaksi kemudian membentuk pola asosiasi dari kombinasi item tersebut. Kata kunci: Data Mining, Algoritma Apriori, Association Rules, Penjualan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Ilmu Komputer > Database |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Ryan Ariadi A.Md |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 02:49 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 02:49 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |