Fadlurrohman, Geanza Rofiq (2025) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DISTRIBUSI PALM KERNEL DAN CPO: EVALUASI MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DAN ANALISI GAP DI PT.AMP PLANTATION. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.
![]() |
Text
SKRIPSI_GEANZA ROFIQ FADLURROHMAN_20101154250043_ABSTRAK.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_GEANZA ROFIQ FADLURROHMAN_20101154250043_BAB I.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_GEANZA ROFIQ FADLURROHMAN_20101154250043_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_GEANZA ROFIQ FADLURROHMAN_20101154250043_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran distribusi Palm Kernel Oil (PKO) dan Crude Palm Oil (CPO) di PT. AMP Plantation menggunakan metode Balanced Scorecard dan Analisis Gap. Palm Kernel Oil dan Crude Palm Oil merupakan produk utama dalam industri kelapa sawit yang memiliki permintaan tinggi di pasar domestik maupun internasional. Namun, dalam implementasi distribusi produk, PT. AMP Plantation menghadapi berbagai tantangan seperti hambatan internal dan eksternal, ketidaksesuaian target distribusi, serta ketidakpuasan pelanggan terhadap keterlambatan pengiriman dan informasi harga. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran PT. AMP Plantation masih memiliki beberapa celah dalam pencapaian tujuan strategisnya. Analisis Balanced Scorecard mengidentifikasi empat perspektif utama yang berpengaruh, yaitu keuangan, pelanggan, proses internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Sementara itu, Analisis Gap digunakan untuk mengukur perbedaan antara kinerja aktual dan yang diharapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi) dapat meningkatkan efektivitas strategi distribusi. Dengan meningkatkan kualitas produk, menyesuaikan harga berdasarkan strategi defensif, memastikan pengiriman tepat waktu, serta memanfaatkan platform digital untuk promosi, PT. AMP Plantation dapat meningkatkan daya saingnya di industri kelapa sawit.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | 0 Research > Teknik > Industri 0 Research > Teknik |
Divisions/ Fakultas/ Prodi: | Fakultas Teknik > Teknologi Industri (S1) |
Depositing User: | Fani Alivia S.S.i |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:56 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 02:56 |
URI: | http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |