THE EFFECT OF USING FLIPBOOK AND KAHOOT IN INCREASING STUDENTS’ READING ABILITY AT THE SECOND GRADE OF SMPN 33 PADANG

Andreas, Mentari (2024) THE EFFECT OF USING FLIPBOOK AND KAHOOT IN INCREASING STUDENTS’ READING ABILITY AT THE SECOND GRADE OF SMPN 33 PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

[img] Text
SKRIPSI_MENTARI ANDREAS _20101156130005_ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
SKRIPSI_MENTARI ANDREAS _20101156130005_BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
SKRIPSI_MENTARI ANDREAS _20101156130005_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] Text
SKRIPSI_MENTARI ANDREAS _20101156130005_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mentari Andreas, 2024, The Effect of Using Flipbook and Kahoot in Increasing Students’ Reading Ability at the Second Grade of SMPN 33 Padang, Bachelor of English Education, Faculty of Teacher Training and Education Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah keterampilan membaca siswa, seperti kurangnya antusiasme dan minat dalam belajar membaca bahasa Inggris, pemahaman membaca yang buruk, serta kegagalan mencapai tujuan dan standar minimal literasi (KKM) pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan Kahoot dan Flipbook sebagai intervensi. Penelitian ini dilakukan di SMP N 33 Padang dengan menggunakan satu kelas sebagai sampel yang dipilih melalui purposive sampling, yaitu kelas 8.7 dengan jumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain kelompok tunggal yang diberikan pretest dan posttest. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata skor kelas eksperimen hanya 53,12, sedangkan setelah menggunakan Flipbook dan Kahoot, hasil post-test meningkat menjadi 77,65. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung (14,737) lebih besar dari t-tabel (1,696), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test kemampuan membaca siswa. Temuan ini didukung oleh beberapa penelitian sebelumnya yang juga menunjukkan efektivitas penggunaan Flipbook dan Kahoot dalam meningkatkan minat, motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa dalam pembelajaran membaca. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Flipbook dan Kahoot memiliki efek yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas dua Keywords: Flipbook, Kahoot, Reading, Reading Ability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Pendidikan dan Keguruan > Bahasa Inggris
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Anggi Anggi A.Md
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:07
Last Modified: 28 Apr 2025 02:07
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/13461

Actions (login required)

View Item View Item