TEKNOLOGI AUGMANTED REALITY (AR) DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRACKING 3D IMAGE UNTUK ANIMASI PEMBELAJARAN SLTA

Aswara, Hardila Putri (2024) TEKNOLOGI AUGMANTED REALITY (AR) DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRACKING 3D IMAGE UNTUK ANIMASI PEMBELAJARAN SLTA. Masters thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

[img] Text
Tesis_221321008_HADRILA PUTRA ASWARA_Abstrak.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Tesis_221321008_HADRILA PUTRA ASWARA_BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Tesis_221321008_HADRILA PUTRA ASWARA_Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Tesis_221321008_HADRILA PUTRA ASWARA_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Augmented Reality adalah sebuah teknik yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkup nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Augmented reality (AR) merupakan sebuah teknologi visual interaktif yang mengkombinasikan dunia nyata dengan komputer grafis, menyediakan interaksi dengan objek maya pada waktu nyata dengan menambahkan nilai dengan informasi virtual. Marker Based Tracking yang merupakan metode membaca menggunakan marker atau gambar. Penggunaan marker di aplikasi ini dipilih selain cocok untuk diimplementasikan sebagai pembelajaran dan juga cenderung cepat dalam hal pembacaan pada proses munculnya objek 3 Dimensi dalam bentuk visual. Jenis marker yang dipakai memiliki tingkat keberhasilan tersendiri dalam hal memunculkan objek 3 Dimensi yang dipengaruhi oleh beberapa macam parameter adalah jarak terhadap pixel dan jarak terhadap warna. Penelitian ini bertujuan sebagai media pembelajaran 12 Pinsip Animasi kepada tingkat SLTA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tracking 3D Image, yang memiliki empat tahapan yaitu Pengembangan Model 3 Dimensi, pengembangan Marker, Implementasi Model kedalam perangkat pengembangan, Implementasi Aplikasi Augmanted Reality, Dataset terdiri dari 12 gambar 3 Dimensi yang mewakilkan dari masing-masing 12 Prinsip Animasi. Menurut Abdullah menunjukkan video khususnya animasi lebih efektif dibanding menggunakan media tradisional yang sarat akan tulisan dan membuat jenuh. Penelitian ini menghasilkan Media pembelajaran digital Augmanted Reality animasi dapat menarik minat siswa dan membuat siswa lebih cepat mengerti. Acuan Penggunaan media pembelajaran Augmanted Reality animasi ini menjadikan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Augmanted Reality, Tracking 3D Image, Animasi, Media Pembelajaran, SLTA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 0 Research > Ilmu Komputer > Teknologi Komputer
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Ilmu Komputer > Magister Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Ryan Ariadi A.Md
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:27
Last Modified: 14 Jan 2025 07:27
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12752

Actions (login required)

View Item View Item