ANALISA GETARAN PADA BANTALAN REL AKIBAT BEBAN KERETA API TERHADAP STRUKTUR JALAN REL (Studi Kasus: Stasiun Kai Kota Padang Sawahan-Stasiun Lubuk Buaya)

Sari, Letri Karmila (2024) ANALISA GETARAN PADA BANTALAN REL AKIBAT BEBAN KERETA API TERHADAP STRUKTUR JALAN REL (Studi Kasus: Stasiun Kai Kota Padang Sawahan-Stasiun Lubuk Buaya). Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_LETRI KARMILA SARI_20101154330021_ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
SKRIPSI_LETRI KARMILA SARI_20101154330021_BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
SKRIPSI_LETRI KARMILA SARI_20101154330021_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
SKRIPSI_LETRI KARMILA SARI_20101154330021_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam mendesain infrastruktur kereta api dirancang secara khusus dengan mempertimbangkan beban kereta api yang sangat besar dan kecepatan tinggi yang dimilikinya. Beban kereta api yang melintas rel dapat menyebabkan getaran pada struktur jalan rel tersebut. Getaran yang disebabkan oleh kereta api akan berdampak pada kerusakan bangunan sekitar rel, kelongsoran tanah pada lokasi timbunan dan kondisi tanah di bawah konstruksi rel. Berkembangnya teknologi transportasi menyebabkan peningkatan kecepatan kendaraan dan kendaraan berat telah menghasilkan getaran yang lebih tinggi (Shih, 2018). Dari getaran tanah akibat beban kereta api yang melintas akan didapat dampak yang ditimbulkan terhadap struktur jalan rel yang dilewati kereta api. Untuk mengetahui besarnya getaran yang ditimbulkan, pada penelitian ini penulis mendapatkan data accelerometer. Kemudian data yang telah didapat selanjutnya akan diolah menggunakan Microsoft excel, penelitian ini dilakukan di Stasiun Kereta Api Indonesia Divisi Regional II Sumatera Barat sawahan, menuju stasiun Lubuk Buaya. Kereta api yang melintasi stasiun ini memiliki dua kereta api yaitu kereta api penumpang pariaman Ekpres dan kereta Bandara Minang Kabau. Tetapi penulis hanya menggunakan satu kereta yaitu kereta penumpang pariaman ekpres yang memiliki beban kereta sebesar 380 Ton dengan 1 lokomotif dan 5 gerbong penumpang. Data yang didapatkan melalui alat accelerometer adalah percepatan getaran tiga arah pada bantalan ketika beban kereta melintas. Besar nilai tertinggi akselerasi terukur pada bantalan rel disumbu Ax adalah terdapat pada kilometer 14+300 sebesar 0,00754 m/s, dan pada nilai akselerasi terukur di sumbu ay itu untuk data akselerasi tertinggi di sumbu ay terdapat pada kilometer 19+300 sebesar 0,0342m/s, sedangkan untuk nilai akselerasi terukur pada sumbu az terdapat pada kilometer 14+200 sebesar 0,0956 m/s.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Teknik > Konstruksi
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 07 Jan 2025 04:11
Last Modified: 07 Jan 2025 04:11
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12620

Actions (login required)

View Item View Item