ANALISIS KUALITAS LAYANAN JASA TRANSPORTASI DENGAN METODE ZONE OF TOLERANCE (ZOT), P-TRANSQUAL DAN LEAN SIX SIGMA DI PT. MIA TOUR & TRAVEL PADANG

Ikhsan, Rizalul (2024) ANALISIS KUALITAS LAYANAN JASA TRANSPORTASI DENGAN METODE ZONE OF TOLERANCE (ZOT), P-TRANSQUAL DAN LEAN SIX SIGMA DI PT. MIA TOUR & TRAVEL PADANG. Sarjana thesis, Universitas Putra Indonesia YPTK.

[img] Text
SKRIPSI_RIZALUL IKHSAN_18101154250064_ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZALUL IKHSAN_18101154250064_BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZALUL IKHSAN_18101154250064_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
SKRIPSI_RIZALUL IKHSAN_18101154250064_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini terdapat pada kualitas layanan jasa transportasi, yaitu: keberangkatan yang tidak sesuai jadwal dan tiba ditujuan tidak tepat waktu. Tujuan penelitian mengetahui atribut/kriteria yang dapat diterima berdasarkan pemetaan dengan metode Zone of Tolerance pada PT. Mia Tour & Travel. Mengetahui aspek kualitas yang paling penting bagi penumpang dalam menggunakan jasa transportasi di PT. Mia Tour & Travel dengan metode P�Transqual. Menetukan prioritas perbaikan layanan jasa transportasi PT. Mia Tour & Travel dengan menggunakan pendekatan Lean Six Sigma. Metode yang digunakan ada tiga yaitu Zone of Tolerance, P-Transqual, dan Lean Six Sigma. Data yang digunakan berupa data primer, yaitu data hasil kuesioner yang telah disebarkan kepada 100 responden dengan alternatif jawaban menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan dengan metode Zone of Tolerance terdapat 1 atribut berada di atas posisi Measure of Service Superiority. 4 atribut berada di bawah posisi Measure of Service Superiority dan berada di atas posisi Measure of Service Adequacy. Dan 10 atribut layanan sekarang berada di bawah posisi Measure of Service Adequacy yang artinya pelanggan merasa tidak puas dengan pelayanan yang didapat sekarang. Atribut comfort, tangible, personnel, dan reliability merupakan aspek kualitas yang paling penting bagi penumpang dalam menggunakan jasa transportasi di PT. Mia Tour & Travel dengan metode P�Transqual. Perbaikan layanan jasa transportasi PT. Mia Tour & Travel dengan menggunakan pendekatan Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control dilakukan berdasarkan perhitungan kualitas layanan pada posisi Measure of Service Adequacy, Measure of Service Superiority, dan posisi layanan sekarang yang atribut belum puas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 0 Research > Teknik
0 Research > Teknik > Teknologi Industri
Divisions/ Fakultas/ Prodi: Fakultas Teknik > Teknologi Industri (S1)
Depositing User: Fani Alivia S.S.i
Date Deposited: 28 Nov 2024 02:25
Last Modified: 28 Nov 2024 02:25
URI: http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/12216

Actions (login required)

View Item View Item